Bagaimana Cara Semut Menemukan Jalan yang Benar Sementara Dia Gak Punya Hidung?

Bagaimana Cara Semut Menemukan Jalan yang Benar Sementara Dia Gak Punya Hidung?

Kalian sering liat semut berbaris di tembok? Mereka pernah menatap penuh curiga kepada Chrisye (alm.) yang lagi menanti pacarnya. Hehehe. 

Bukan, bukan, kita lagi gak bahas lagu itu. Kita mau bahas semut karena ada temuan menarik tentang bagaimana cara semut menemukan jalan yang benar sementara dia gak punya hidung?

Semut-semut (alexanderwild.com)

Sekilas, pertanyaan itu agak aneh ya. Jalan identik dengan kaki, sementara hidung dengan indera penciuman. Kaitannya tuh gini ... jadi, kalian pernah liat kan mereka berbaris di tembok atau bidang datar lainnya menuju ke sebuah titik.

Titik itu biasanya adalah makanan atau minuman yang entah sisa atau kita tinggalkan sebentar. Ujug-ujug mereka tuh udah ngerubung aja tuh di situ, gak bilang-bilang lagi. Kok bisa ya? 

Kata para ilmuwan, itu terjadi karena hewan berukuran kecil itu selalu menggerakkan kedua antena di kepalanya. Mereka juga diciptakan Yang Maha Kuasa tanpa hidung, tetapi, seperti dikutip dari The New York Post, mereka bisa tau kok jejak aroma sumber 'makanan' mereka.

Mereka diciptakan gak punya hidung, tapi ... (upi.com)

Cuman, para ilmuwan sebenarnya lebih tertarik dengan hal yang lebih detail lagi tentang cara cepat semut mengendus atau merasakan jejak yang mereka tandai dengan feromon. Feromon sendiri adalah zat kimia yang dikeluarkan oleh seekor hewan dan memungkinkan mereka untuk berkomunikasi dengan anggota lain dari jenis yang sama.

Semut menggunakan antena mereka untuk mengambil isyarat kimia yang ditinggalkan smeut lain. Selain itu, zat kimiawi yang mereka keluarkan atau chemo-reception (sel reseptor sensorik khusus yang akan mengubah zat kimia dan menghasilkan sinyal biologis). Kece yak! 

Nah, itulah yang memungkinkan gerombolan semut untuk mengikuti jalur lurus, jalur melengkung, atau juga zig-zag. Sayangnya, kita gak bisa nanyain hal ini ke Dr. Pym ya, hehehe.

Semut tuh ngantri, tertib dan disiplin deh~ (orbitzexhibitions.com)

Sementara itu, untuk melihat gimana semut melakukannya, para ilmuwan membuat eksperiman dengan mencampurkan tinta dan feromon semut. Cara ini ditujukan agar semut membuat semacam jejak di atas kertas putih.

Setelah itu, periset mengaturnya agar semut melangkah di jalan setapak tersebut. Terus, perjalanan para semut selama beberapa jam akan dicatat dan dianalisis melalui video. Demi data yang valid, peneliti juga menggunakan model komputer untuk mengetahui perilaku temen-temennya Ant-Man itu.

Hasilnya? Penelitian yang dilakukan oleh Ryan W. Draft ini menemukan bahwa semut memiliki beberapa strategi untuk menemukan jalan mereka. Publikasi hasil penelitian ini dimuat dalam Journal of Experimental Biology.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"