Baby Shark Masuk ke Tangga Lagu Populer

Baby Shark Masuk ke Tangga Lagu Populer

Kecuali jika kalian menghabiskan paruh kedua tahun 2018 dengan tangan menutupi telinga, sangat tidak mungkin kalian tidak menyadari viralnya lagu Baby Shark. Lagu anak-anak yang menyebar di seluruh dunia dan kadang menjadi masalah bagi beberapa orang tua di mana-mana. 

Begitu populernya sensasi viral ini sehingga sekarang lagu Baby Shark masuk ke dalam daftar Billboard Hot 100. Yang berarti lagu tersebut tidak akan hilang dalam waktu dekat. Terus diputar dibanyak tempat hingga muak.

Baby Shark (youtube.com)

Lagu ini duduk di posisi 32 di tangga lagu (di depan Ellie Goulding, Lil Wayne, dan Imaginenya Ariana Grande). Baby Shark telah ditonton lebih dari 2,1 miliar kali di YouTube. Menjadikannya salah satu dari 30 video yang paling banyak ditonton. Menurut Billboard, lagu ini sudah diputar 20,8 juta kali dalam sepekan terakhir saja, dengan 73 persen berasal dari video.

Asal usul video dari lagu tersebut merupakan faktor pendorong menjadi viral. Sangat tidak mungkin bahwa popularitas seperti ini muncul tanpa visual yang menyertai, sehingga anak-anak kecil merasa begitu menarik. Dan ini menjadi masalah besar untuk musik. 

Secara tradisional, tangga musik mengandalkan record dan penjualan CD, sehingga membuatnya nongkrong ke tangga lagu. Proses seperti ini menjadi tidak berarti, misal Jimi Hendrix tampil di Top 40 hanya sekali. Benar! Jimi Hendrix yang fenomenal itu. Hari ini, elemen seperti penjualan digital, streaming online, dan penayangan video menyumbang sebagian besar dari angka-angka Billboard.

Baby Shark meme (reddit.com)

Pada 2012, ketika Billboard mulai mempertimbangkan akrifitas mendengarkan musik secara online, misalnya kita melihat Psy dan Gangnam Style meroket masuk ke kancah dunia permusikan dunia. Billboard dan Nielsen SoundScan kemudian mengubah formula untuk membuat streaming dari layanan berbayar seperti Spotify dan Apple Music bahkan lebih berharga untuk memetakan angka. 

Hasilnya adalah bahwa tangga lagu musik pada dasarnya menjadi permainan untuk semua orang saat ini. Dan mereka memiliki potensi untuk mengubah budaya populer secara utuh. Menyusul keberhasilan Baby Shark, perusahaan pendidikan di baliknya, Pinkfong USA, mengatakan pihaknya berencana untuk mengembangkan Baby Shark menjadi "merek hiburan yang akan dinikmati oleh generasi mendatang." Tepuk tangan buat kalian semua!

Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"