Ayo Kenali Apa Itu Microbeads, dan Bahayanya untuk Lingkungan!

Ayo Kenali Apa Itu Microbeads, dan Bahayanya untuk Lingkungan!

Microbeads adalah partikel atau butiran plastik buatan pabrik yang sangat kecil. Ukurannya kurang dari 5 mm. Selain itu, ia padat dan tidak bisa terurai atau larut dalam air. 

Microbeads biasanya digunakan untuk produk kosmetik dan perawatan. Misalnya pada pasta gigi, sabun cuci muka, lulur mandi, dan produk pembersih. Ia digunakan untuk mengeksfoliasi sel-sel kulit mati. Supaya kulit atau bagian tubuhmu bisa bersih dan tidak kusam.

Microbeads pada pasta gigi (clairepotterdesign.com)

# Bahaya Microbeads untuk Lingkungan

Karena microbeads tidak bisa ditangkap oleh kebanyakan sistem pengolahan air limbah. Jadi, ketika ia selesai digunakan dan menuju saluran pembuangan, ia bisa berakhir di sungai, danau, dan lautan. 

Begitu berada di dalam air, microbeads dapat merusak kehidupan laut, lingkungan, dan kesehatan manusia. Microbeads akan dimakan hewan laut, atau tinggal dan merusak ekosistem lautan. Ini karena komposisi microbeads yang dapat menyerap racun. 

Hewan laut yang makan microbeads bisa jadi kemudian akan dikonsumsi manusia pula. Sehingga rantai kerusakan ini bisa terus berlanjut. Gak cuma merusak lingkungan, tapi juga makhluk hidup yang tinggal di dalamnya.

Bahayanya lagi, plastik kecil ini bertahan di lingkungan karena hampir tidak mungkin untuk dihilangkan. Cara terbaik untuk mengurangi dampaknya adalah dengan mencegah mereka memasuki lingkungan.

# Usaha Australia Menangani Persoalan Microbeads



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"