Ayam Sering Berkokok pada Malam Hari, Inikah Artinya?

Ayam Sering Berkokok pada Malam Hari, Inikah Artinya?

Biasanya ayam  berkokok pada pagi hari membangunkan semesta untuk memulai hari yang baru. Tapi terkadang kita sering mendengar ayam berkokok justru pada malam hari. Ayam berkokok pada malam hari biasanya memberikan arti tersendiri.

Biasanya ayam berkokok pada malam hari sekitar pukul 10 malam hingga 12 malam. Kadang mendengar ayam berkokok pada malam hari dianggap sebagai tanda ada makhluk halus datang atau ayam itu melihat makhluk halus.

Sebenarnya ayam yang berkokok pada malam hari tak memiliki hubungan dengan cerita mistis. Sebab ayam berkokok pada malam hari dikaitkan dengan kondisi hormon ayam tersebut, misalnya hormon reproduksi mon kadi yang terletak di belakang mata dalam bagian kepala ayam.

Ilustrasi Ayam Berkokok di Malam Hari (Tempo.co)

Jika hormon reproduksi ayam itu bekerja artinya ayam sedang mempersiapkan tubuhnya untuk kawin sehingga ayam terlihat lebih agresif. Salah satu bentuk ayam agresif adalah dengan berkokok pada malam hari.

Namun beberapa arti terungkap dikaitkan dengan ayam berkokok di malam hari, terutama jika terkait dengan budaya atau primbon Jawa. Misalnya jika ayam berkokok pada malam hari berarti ada seseorang wanita di dekatnya yang hamil di luar nikah.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"