Awas! Tanaman Liar Ini Bisa Berbahaya Buat Tubuh Manusia

Awas! Tanaman Liar Ini Bisa Berbahaya Buat Tubuh Manusia

Mengingat manusia adalah makhluk omnivora, tumbuhan tentu menjadi salah satu bagian dari menu konsumsinya. Manusia membutuhkan banyak mengkonsumsi tumbuhan, dalam konteks ini adalah sayuran, untuk mengambil manfaat vitamin dan mineral di dalamnya.

Tetapi tak semua tumbuhan ternyata bisa dikonsumsi. Ada sejumlah tanaman yang mengandung racun yang justru berbahaya bagi kesehatan tubuh manusia. So agar tidak salah mengkonsumsi, kalian harus tahu apa saja tanaman liar yang berbahaya bagi tubuh manusia.

1. Aconitum napellus

1. Aconitum napellus Tanaman liar yang berbahaya jika dikonsumsi (ballyrobertgardens.com)

Aconitum napellus mengandung neurotoksin dan kardiotoksin. Ini bisa menyebabkan komplikasi pencernaan, kelemahan pada sistem motorik hingga mengakibatkan kelumpuhan pada jantung dan paru-paru, ungkap laman Gizmodo. Gunakan tanaman ini sebagai penghias pekarangan saja, jangan coba-coba untuk mengonsumsinya ya!

2. Atropa belladonna

2. Atropa belladonna Tanaman liar yang berbahaya jika dikonsumsi (britannica.com)

Mengonsumsi tanaman ini bisa menyebabkan kelumpuhan pada otot tubuh dan masalah pada jantung. Bahkan, menyentuh daunnya saja bisa mengakibatkan iritasi kulit! Selain itu, tanaman ini juga bisa mengakibatkan kelesuan, koma dan kematian, ungkap sebuah penelitian yang dipublikasikan di Turkish Journal of Anaesthesiology and Reanimation.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"