Awas! Peneliti ITB Ungkap Potensi Tsunami Setinggi 20 Meter di Pulau Jawa

Awas! Peneliti ITB Ungkap Potensi Tsunami Setinggi 20 Meter di Pulau Jawa

Hati-hati gaes, peneliti dari ITB menemukan sebuah potensi untuk picu gelombang Tsunami setinggi 20 meter di Pulau Jawa.

Pasalnya, Guru Besar Bidang Seismologi Institut Teknologi Bandung (ITB), Sri Widiyantoro, memberikan sebuah warning terkait potensi gempa yang dapat memicu tsunami di wilayah Pulau Jawa gengs. 

Dijelaskan kalau potensi tersebut muncul karena adanya wilayah seismic gap di laut selatan Jawa yang dapat menimbulkan gempa dengan kekuatan besar.

Ilustrasi Tsunami (Indozone.id)

"Oleh Dokter Aam, dilakukan simulasi (selama tiga jam) menggunakan model hasil inversi GPS kalau di Jawa Barat saja kalau periode ulang 400 tahun itu bisa menyebabkan tsunami setinggi 20 meter, kira-kira di selatan Banten," ujar Widiyantoro dalam webinar Implications for Megathrust Earthquake and Tsunamis from Seismic Gaps South of Java, Rabu (23/9/2020).

Jawa Timur juga berpotensi

Dilansir dari IDNTiimes.com, untuk wilayah Jawa Timur, Widiyantoro menjelaskan juga ada potensi tsunami relatif lebih kecil yaitu setinggi 12 meter. Namun, ia menggarisbawahi apabila tsunami antara Jawa Barat dan Jawa Timur pecah secara bersamaan, maka potensi gelombang akan lebih tinggi.

"Bagaimana kalau segmen barat dan timur pecah bersama seperti yang terjadi di Tohoku, Jepang tahun 2011? Maka kita lihat, di sebelah barat bisa mencapai 20 meter ketinggian tsunaminya sedangkan di sebelah timur 12 meter. Namun rata-ratanya menjadi lebih tinggi kalau pecah bersamaan kira-kira di sepanjang Pantai Selatan ini bisa 5 meter tinggi tsunaminya," ujarnya.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"