Aturan-Aturan Sekolah yang Aneh di Dunia, Nomer 9 Aneh Banget!

Aturan-Aturan Sekolah yang Aneh di Dunia, Nomer 9 Aneh Banget!

Sekolah, di mana pun di dunia ini, pasti punya peraturannya sendiri-sendiri. Peraturan itu wajib dipatuhi oleh siswa-siswinya. Peraturan yang ketat bisa menekan siswa. Dampaknya, siswa jadi males ke sekolah.

Sementara kalo peraturannya terlalu woles, siswa juga jadi seenaknya di sekolah. Repot ya kalo kayak begini. Nah, entah tata tertib di sekolah itu woles atau ketat, ternyata ada lho sejumlah sekolah di dunia yang punya peraturan aneh. Simak aja yuk....

Kegiatan belajar mengajar. (oneclay.net)

1. Sha'anxi, Tiongkok

Di Negeri Tirai Bambu, ada sebuah sekolah di Provinsi Sha'anxi yang menetapkan sebuah aturan aneh. Sekolah itu memisahkan kantin siswa dan kantin siswi agar tak ada cinta monyet di sana.

Jadi, kantin cewek dibedain tempatnya dengan kantin cowok. Setiap istirahat, guru-guru akan berpatroli dan memantau apa ada siswa yang melanggar atau nggak. Kalo ketahuan... siswa itu akan mendapat hukuman.

2. Jepang

Di Negeri Matahari Terbit beda lagi. Semua sekolah di sana memberlakukan bahwa seragam adalah identitas sekolah. Siswa di sana bisa dikenali dari mana asal sekolahnya dari seragam yang mereka gunakan. 

Karena itu, pelajar di Jepang diminta untuk tidak menggunakan jaket saat berangkat atau pulang sekolah.

3. Korea Selatan

Seluruh Sekolah Menengah Atas di Korea Selatan bersekolah sepanjang 18 jam per hari. Para siswa berangkat jam 8 pagi dan selesai sekolah jam 9 malam. Sementara siswa yang akan masuk perguruan tinggi akan menambah jam belajarnya lagi karena mereka harus mengikuti les privat. 

Siswa-siswi di Korea Selatan. (koreaexpose.com)

4. Finlandia

Beda dengan Korea Selatan, jam belajar di Finlandia hanya 5 jam saja. Negara dengan kualitas pendidikan terbaik di dunia ini malah punya waktu yang cukup singkat untuk belajar, terutama untuk seluruh sekolah menengah pertama dan menengah atasnya. 

Ternyata, cara ini lebih efektif untuk membuat siswa-siswi di sana lebih fokus dalam mengikuti pelajaran.

5. London, Inggris

Di Barnet, London, siswa atau siswi di sekolah dilarang untuk menguap saat di dalam kelas. Jika mereka ketahuan menguap sampai 3 kali, mereka akan langsung dikeluarkan dari kelas dan tidak boleh mengikuti mata pelajaran selanjutnya. Untunglah, peraturan kayak gini ga berlaku di Indonesia.

6. Inggris

Beberapa sekolah di Inggris menetapkan aturan sekolah yang aneh: DILARANG MEMILIKI SAHABAT! Tata tertib yang "apa-apaan" ini bertujuan untuk mengurangi adanya permusuhan antar-siswa.

Kajian peraturan ini bermula dari asumsi bahwa sahabat dekat adalah orang yang paling berpotensi menjadi musuh. Makanya, sekolah di sana melarang adanya pertemanan dekat atau persahabatan.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"