Asal Usul Kota Pontianak, Benarkah Ada Hubungan dengan Kuntilanak?

Asal Usul Kota Pontianak, Benarkah Ada Hubungan dengan Kuntilanak?

Kota Pontianak  di Kalimantan Barat selama ini dikenal sebagai daerah di Indonesia yang memiliki hubungan erat dengan hantu Kuntilanak . Mitos yang berkembang di kawasan itu dahulunya menjadi tempat kerajaan Kuntilanak.

Menurut laporan di website Pemerintahan Pontianak pada 24 Rajab 1181 Hijriah atau bertepatan dengan 23 Oktober 1771 masehi rombongan ulama asal Yaman, Syarif Abdurrahman Alkadrie membuka hutan di persimapangan tiga sungai yakni Sungai Landak, Sungai Kapuas, dan Sungan Kapuas Kecil.

Lalu berkat sosok kepemimpinan Syarif Abdurrahman tersebut Pontianak tumbuh dan berkembang menjadi sala satu kota perdagangan dan pelabuhan di pulau Kalimantan. Karena keberhasilannya membangun Pontianak, ia dinobatkan menjadi Sultan Pontianak yang pertama. 

Kota Pontianak (Tribunnews.com)

Lalu bagaimana soal hubungan Pontianak dengan Kuntilanak? Menurut beberapa sumber, nama Pontianak sebenarnya muncul ketika Syarif Abdurrahman saat itu kerap diganggu oleh hantu berwujud Kuntilanak ketika sedang menyusuri Sungai Kapuas. Tepatnya di kawasan Khun Thien, daerah yang dihuni banyak etnis keturunan Tionghoa.

Karena merasa terus diganggu oleh Kuntilanak, kesabaran Syarif Abdurrahman pun habis, Ia memutuskan untuk mengusir Kuntilanak. 

Bukan dengan dukun atau paranormal, dia melepaskan tembakan meriam beberapa kali. Kuntilanak sudah menunjukan dengan penampilan wujud yang menyeramkam, berambut panjang dan berbaju putih.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"