Apresiasi Workshop Batik Di Hotel Luminor Pecenongan, Dinas Parekraf Ajak Masyarakat Jaga Agar Batik Tetap Diakui UNESCO

Apresiasi Workshop Batik Di Hotel Luminor Pecenongan, Dinas Parekraf Ajak Masyarakat Jaga Agar Batik Tetap Diakui UNESCO

Kepala Suku Dinas (Kasudin) Parekraf Jakarta Pusat, Shinta Nindyawati mengapresiasi workshop batik yang dilangsungkan oleh Luminor Hotel Pecenongan pada Kamis, 6 Oktober 2022. Menurutnya, acara ini merupakan cara bagus untuk melestarikan batik.

"Saya mengapresiasi karena memang ini salah satu bentuk bagaimana kita mencintai dan melestarikan batik. Apalagi masih dalam rangkaian memperingati hari Batik, dimana memperjuangkan batik masuk dalam UNESCO itu merupakan kerja berat. Mudah-mudahan dari kegiatan-kegiatan seperti ini, akan terus tumbuh untuk mencintai batik," ungkap Shinta Nindyawati kepada Paragram.

Sebagai informasi, memperingati Hari Batik Nasional yang dirayakan setiap tanggal 2 Oktober, Luminor Hotel Pecenongan ikut meramaikannya dengan menggelar acara Talkshow dan Workshop membatik yang bertajuk 'Lebih Dekat Mengenal Warisan Budaya'.

Workshop Batik Di Hotel Luminor Pecenongan (Paragram)

Dalam kegiatan tersebut, para peserta mendapat informasi dari para narasumber mengenai sejarah batik lengkap dengan filosofinya. Tidak hanya itu, mereka juga diajak membatik. Tampak para peserta sangat semangat menyalurkan kreatifitas dan hasrat seni di kain batik yang sudah dipersiapkan.

Lebih lanjut, Shinta mengungkapkan jika batik saat ini sudah tidak lagi dianggap kuno. Banyak perkantoran dan sekolah yang mewajibkan untuk menggunakan batik. Hal ini juga dianggap sebagai salah satu cara untuk meningkatkan rasa cinta pada batik.

"Kalau dulu orang menganggapnya memakai batik itu kuno, tapi sekarang kan dengan banyaknya kegiatan, di perkantoran, sekolah juga mewajibkan menggunakan pakaian batik atau pakaian daerah, itu menjadi salah satu pemantik atau pemicu orang mulai menyukai batik," sambungnya.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"