Apakah di Pesawat Ada Copet? Ini Tips Lindungi Barang Tetap Aman

Apakah di Pesawat Ada Copet? Ini Tips Lindungi Barang Tetap Aman

Aksi pencopetan banyak terjadi di transportasi umum seperti bus atau kereta api. Nah, apakah di pesawat terbang suka ada copet? Copet di pesawat ternyata pernah terjadi lho meskipun kasusnya nggak sebanyak di bus atau kereta api seperti commuter line. 

Beberapa tahun lalu seorang penumpang pesawat Qatar Airways QR 0956 menjadi saksi mata seorang penumpang diduga copet mengambil barang penumpang lain dalam perjalanan dari Doha menuju Jakarta. Kejadian itu sekitar pukul 02.00 banyak penumpang sedang tidur dan tidak memperhatikan gerak-gerik pencopet.

Seorang penumpang mengambil tas penumpang lain dari dalam bagasi kabin. Ternyata ia mengambil uang sekitar 200 Euro. Aksi copet itu juga sudah diketahui sejumlah awak pesawat yang sudah curiga. Lantas seperti apa cara melindungi barang bawaan di pesawat supaya tidak dicuri?

Copet di Pesawat (Kumparan)

Siapkan Tas Kecil

Copet di pesawat menyasar tas-tas besar di kabin bagasi untuk diambil. Penumpang disarankan untuk membawa tas kecil yang berisi barang-barang penting, seperti dompet, uang, kartu identitas, dan lainnya. Jangan pernah menaruh barang penting itu di dalam tas besar karena bisa diambil orang lain.

Pengaman Ganda

Jika memilih tetap meletakan barang berharga di dalam tas besar, diharapkan pemilik tas menambah pengamanan di atas itu. Misalnya menggunakan gembok sehingga tidak bisa dibuka oleh orang lain.  Tas yang digembok akan aman dan membuat penumpang bisa tidur tanpa harus was-was.

Taruh Tas di Bawah Kursi

Kebanyakan orang menaruh tas di bagasi kabin. Padahal di bawah kursi ada tempat yang cukup untuk meletakan barang seperti tas. Jika takut meletakan tas di bagasi kabin, cobalah menaruhnya di bawah kursi. Tas akan lebih aman dan sulit diambil karena letaknya sangat terpencil.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"