Apa yang Terjadi pada Tubuh Kita Jika Tidak Makan Berhari-Hari?

Apa yang Terjadi pada Tubuh Kita Jika Tidak Makan Berhari-Hari?

Makhluk hidup membutuhkan makanan dan minuman untuk bisa tetap hidup. Manusia mungkin bisa lebih lama hidup tanpa makanan daripada tanpa cairan. Hal ini karena 70 persen tubuh manusia terdiri dari air.

Lantas, apa yang terjadi ketika seseorang tidak makan selama beberapa waktu? Apa pengaruhnya ke tubuh dan berapa lama tubuh bisa bertahan tanpa makanan? Yuk, cari tahu jawabannya lebih lanjut di artikel ini!

Berapa Lama Seseorang Bisa Bertahan Tanpa Makan dan Minum?

Organ tubuh manusia yang membutuhkan air (airkami.id)

Tubuh kita membutuhkan makanan dan air untuk bertahan hidup. Meski begitu, para ahli tidak mengetahui dengan pasti berapa lama seseorang bisa hidup tanpa makanan. Namun, ada catatan orang bertahan hidup tanpa makanan atau minuman antara 8 dan 21 hari.

Ini perkiraan didasarkan pada peristiwa di mana orang selamat terjebak atau dikubur hidup-hidup, karena tidak etis melakukan eksperimen semacam itu pada manusia. Namun, lamanya seseorang dapat bertahan hidup akan bergantung pada berbagai faktor, seperti usia dan kesehatan individu serta apakah mereka memiliki air untuk diminum atau tidak.

Konsumsi makanan dan air sangat penting bagi kehidupan manusia. Tubuh manusia membutuhkan energi dari sumber makanan dan hidrasi dari air agar berfungsi dengan baik. Berbagai sistem dalam tubuh bekerja optimal dengan pola makan yang bervariasi dan asupan air yang cukup setiap hari.

Namun tubuh kita juga mampu bertahan berhari-hari tanpa air. Kita bisa pergi berhari-hari atau terkadang berminggu-minggu tanpa makanan karena penyesuaian metabolisme dan konsumsi energi kita.

Yang Terjadi pada Tubuh Saat Tidak Makan dan Minum



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"