Apa yang Menyebabkan Gen Z Berbeda dari Generasi-Generasi Lainnya?

Apa yang Menyebabkan Gen Z Berbeda dari Generasi-Generasi Lainnya?

Gen Z adalah mereka yang lahir antara tahun 1998 hingga 2016. Mereka telah berusia sekitar sepuluh tahun pada akhir resesi global yang terdalam dan paling berlarut-larut  pada tahun 2008. Dan mereka mulai memasuki sekolah menengah atas, melanjutkan pendidikan pasca-sekolah menengah, atau memasuki dunia kerja selama Pandemi Global pada tahun 2020. Dari situ saja, kita bisa tahu kenapa generasi Z begitu berbeda.

Mereka saat ini mungkin menjadi profesional muda karena sedang memulai karir mereka dalam kondisi “normal baru” pasca-Pandemi. Yaitu pekerjaan jarak jauh dan hybrid, sumber daya yang terbatas secara permanen, peningkatan persyaratan yang dikenakan pada pekerja, dan lain sebagainya.

Sejak hari pertama, mereka dihadapkan pada banyaknya generasi Milenial yang mengalami penundaan karier, belum lagi banyak pekerja berusia lanjut yang mungkin juga menghadapi kemunduran karier.

Contoh anak-anak generasi Z (halodoc.com)

Berbeda dengan Generasi Milenial yang Hidup di Masa yang Menyenangkan

Sementara generasi Milenial adalah anak-anak yang hidup dalam perdamaian dan kemakmuran pada tahun 1990an, generasi Z adalah anak-anak yang hidup dalam masa perang, ketidakpastian, resesi, dan pandemi pada tahun 2000an. Hal-hal tersebut dibentuk oleh era perubahan besar dan kegelisahan yang tiada henti.

Di satu sisi, Gen Z tidak jauh berbeda dengan generasi sebelumnya. Sebab bagaimanapun, kita semua mengalami perubahan sejarah ini bersama-sama. Dalam arti lain, Generasi Z mewakili generasi pekerja baru, yang mengantarkan pada tahap akhir peralihan generasi besar yang sedang berlangsung di dunia kerja.

Gen Z belajar, berpikir, dan berkomunikasi dalam lingkungan yang ditentukan oleh internet di mana-mana, integrasi teknologi secara menyeluruh, konten tanpa batas, dan kedekatan. Mereka benar-benar terhubung—baik melalui media sosial, mesin pencari, atau pesan instan—satu sama lain serta jawaban yang tak terbatas terhadap pertanyaan apa pun dan kapan pun. Akibatnya, banyak Gen Z yang tampak dewasa sebelum waktunya terhadap pemimpin dan manajer.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"