Apa Sih Arti Dengkuran Kucing? Ini Fakta-faktanya Menurut Peneliti

Apa Sih Arti Dengkuran Kucing? Ini Fakta-faktanya Menurut Peneliti

Kalian yang punya kucing pasti apal betul kalo kucing suka mendengkur? Sebenarnya kenapa sih kucing berbunyi 'purr'?

Banyak yang bilang itu karena kucing lagi merasa puas. Seperti kita tau, kita sering denger dengkuran kucing waktu membelainya atau saat digelitik. Suaranya bahkan nggak ilang-ilang saat dipangku si pemilik.

dengkuran kucing (readersdigest.com)

Tapi ternyata, belum tentu gengs. Peneliti mengatakan kalo dengkuran kucing punya arti yang begitu rumit dan nggak kita duga.

Melansir BBC, dengkuran kucing udah jadi misteri dan perdebatan sejak lama. Suara dengkuran itu kemungkinan besar berasal dari otot-otot di pangkal tenggorokan kucing.

Waktu bergerak, kucing melebar dan menyempitkan glotis. Glotis adalah bagian dari pangkal tenggorokan yang dikelilingi pita suara. Udara lalu bergetar kalo kucing bernapas. Akhirnya dengkuran itu muncul. 

kenapa kucing bunyi (catfriendly.com)

Selama ini, baru itu yang bisa diketahui darimana asal dengkurang kucing. Akan tetapi, masih belom ada jawab pasti apa yang memicu reaksi dengkuran. Diduga, Ini juga dipengaruhi osilator saraf dalam di otak kucing yang terpancing. 

Nah, yang bisa mancing lalu apa dong? Apakah saat kucing merasa senang aja lalu dengkuran itu muncul? Nyatanya, nggak juga gengs. 

kucing mendengkur (vetstreet.com)

Marjan Debevere, fotografer di penampungan kucing di London menemukan kalo ternyata kucing juga mendengkur saat manusia nggak ada. Variasi dengkuran tiap kucing juga beda-beda. Bahkan kucing yang sekarat juga bisa mendengkur. 

Hal ini menunjukkan kalo dengkuran kucing nggak cuma mencerminkan rasa senang, tapi juga menunjukkan rasa takut, gugup, dan stres. 

Penelitian tentang kucing sendiri saat ini masih ketinggalan dibanding dengan anjing. Semoga makin banyak yang meneliti kucing ya biar kita makin paham psikologisnya!

Jadi, begitulah fakta-fakta tentang dengkuran kucing. Gimana menurut kalian gengs?

Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"