Apa itu Ritual Tahalul dalam Ibadah Haji? Simak Penjelasannya!

Apa itu Ritual Tahalul dalam Ibadah Haji? Simak Penjelasannya!

Ritual Tahalul

Taukah kalian apa itu ritual Tahalul? tahalul masuk dalam rangkaian ibadah hadji.

Ini merupakan aktivitas memotong rambut usai ibadah haji atau umrah. Tahalul dilakukan sebagai tanda bahwa ibadah haji atau umrah kita telah selesai? Artinya, setelah selesai tahalul, artinya ibadah haji dan umrah kita udah berakhir juga.

Nah, ada dua tahalul dalam pelaksanaan haji, yakni tahalul kecil dan tahalul besar. Yuk, kita ketahui perbedaan antara tahalul kecil dan besar berikut ini.

1. Tahalul Kecil

1. Tahalul Kecil Ritual Tahalul (medium.com)

Tahalul kecil adalah jenis tahalul awal. Ini direalisasikan dengan lakuin 2 amalan haji dari 3 amalan haji. Jamaah perlu melontar jumlah aqobah, mencukur rambut dan thawaf ifadoh. 

Jika sudah lakuin 2 hal dari 3 amalan itu, berati kita telah bertahalul pertama. Kita akhirnya boleh melakukan larangan ihram, kecuali berhubungan intim.

2. Tahalul besar

2. Tahalul besar Ritual Tahalul (umroh.com)

Tahalul besar dilakukan setelah sudah melakukan 3 amalan haji di atas. Kalian paling nggak harus sudah lontar jumroh aqobah, mencukur rambut, dan thawaf ifadhoh.

Para jumhur ulama setuju kalo sudah selesai tahalul kecil dengan lakuin 3 amalan haji maka dianggap udah tahalul kedua. Kalian maka diijinkan lakuin larangan ihram, termasuk berhubungan intim.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"