Apa Itu Reading Slump? Ini Dia 5 Tips Mengatasinya!

Apa Itu Reading Slump? Ini Dia 5 Tips Mengatasinya!

Apakah kamu pernah mengalami kondisi di mana tidak tertarik atau jenuh untuk membaca buku apapun? Mungkin kamu sedang mengalami reading slump. Reading slump sendiri merupakan suatu kondisi di mana tidak ada satu buku pun yang membuatmu tertarik. Dengan kata lain, kamu kehilangan motivasi untuk membaca.

Reading slump merupakan mimpi buruk bagi pembaca, apalagi jika terjadi ketika minat membeli buku tinggi, namun mood untuk membaca sedang rendah. Bukumu pasti bakalan menumpuk, deh!

Namun, kamu gak perlu takut, reading slump tentu bisa diatasi. Berikut 5 cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi reading slump. Disimak sampai habis, ya!

1. Jauhkan diri sebentar dari buku

Terkadang hal yang kita butuhkan adalah menjauh sebentar dari buku-buku. Bisa jadi kita merasa jenuh karena dihadapkan oleh tumpukan buku atau lembar halaman yang tak kunjung dibaca.

Istirahatkan sebentar dirimu, alihkan dengan kegiatan lain seperti menonton film, melukis, atau mendengarkan lagu. Setelah kamu membangun mood kembali, barulah mulai membaca bukumu. Tidak perlu dipaksa, karena kegiatan membaca seharusnya menjadi kegiatan yang menyenangkan.

Ilustrasi Cara Mengatasi Reading Slump (Glints)

2. Simpan handphonemu

Handphone memang sangat berguna dalam membantu kegiatan sehari-hari kita. Namun, tidak bisa dipungkiri bahwa terkadang handphone justru menjadi alasan kita tidak fokus dalam melakukan sesuatu. Ketika ingin memulai membaca, coba simpan handphonemu terlebih dahulu agar kamu tetap fokus dengan buku.

3. Mulailah dengan membaca buku yang ringan

Kamu bisa memulai dengan membaca buku-buku yang memiliki plot ringan atau tidak terlalu rumit. Usahakan mencari buku yang memiliki suasana menyenangkan tapi tetap membuat kamu penasaran. Kamu juga bisa mencoba berbagai genre baru yang belum kamu baca sebelumnya.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"