Anuptaphobia, Rasa Takut Berlebihan Jadi Jomblo Selamanya

Anuptaphobia, Rasa Takut Berlebihan Jadi Jomblo Selamanya

Kebanyakan orang mungkin membayangkan ingin punya pasangan yang akan saling menemani selamanya. Sebagian lagi mungkin nggak apa-apa jadi jomblo kalau memang itu pilihannya. 

Nah, ada juga nih yang malah ngerasa takut banget kalau dirinya bakalan melajang selamanya. Pokoknya dia selalu mikirin soal pasangan dan sama sekali nggak mau jadi jomblo. Orang yang ngalamin kondisi kayak gitu bisa disebut anuptaphobia.

Apa sih anuptaphobia?

Apa sih anuptaphobia? Takut jomblo (crosswalk.com)

 Ini adalah fobia yang bikin orang ngerasa ketakutan banget buat jadi jomblo seumur hidup. Orang dengan fobia ini nggak bisa mengendalikan rasa takutnya dan terus merasakan kecemasan. 

Mereka juga sering melakukan hal-hal nggak masuk akal, kayak asal milih sembarangan orang buat jadi pacar, nggak bisa milih pasangan dengan bijak, minder kalau nggak ada pasangan, nggak suka lihat orang pacaran, dan selalu ingin cepat punya pacar walau baru putus. 

Kebanyakan orang anuptaphobia juga sering ngerasa nggak puas sama dirinya sendiri, nggak mau datang ke acara pernikahan orang lain, juga nggak nyaman menikmati waktu luang sendirian.

Hal yang bisa menyebabkan fobia

Hal yang bisa menyebabkan fobia Sedih kalau sendirian (medium.com)

 Apa sih yang menyebabkan orang bisa punya fobia macam ini? Ada beberapa kemungkinan, umumnya memang dari rasa takut kesepian, jadinya terus terusan mikirin percintaan, pernikahan, dan masa depan bersama pasangan. 

Penyebabnya juga bisa berasal dari kejadian di masa lalu yang traumatis. Bisa juga karena sejak kecil udah ditanamkan nilai-nilai semacam akan jadi bahagia kalau punya pasangan, nggak ada orang yang bisa sendirian, menikah itu sebuah keharusan, dan nggak punya pasangan itu identik dengan kesepian dan menyedihkan. 

Belum lagi, ditambah dengan bacaan atau tontonan yang sering menceritakan kebahagiaan pasangan dan kisah cinta yang romantis berlebihan. Diperparah juga dengan orang-orang yangs sering pamer kehidupan percintaan di media sosial. 

Nah, kalau kebetulan orangnya lemah, dia bakalan menelan semua itu dan memikirkan bahwa semua itu benar dan harus dilakukan. Ya, ujung-ujungnya selalu jadi takut kalau nanti tua nggak punya pasangan dan hidup sebatang kara menyedihkan.

Gejala yang dialami anuptaphobia

Gejala yang dialami anuptaphobia Seumur hidup cuma mikirin pasangan dan percintaan (bustle.com)

Bukan cuma selalu ngerasa takut jomblo, orang dengan anuptaphobia pun sering mengalami beberapa gejala, termasuk kecemasan berlebihan, panik, sesak nafas, keringat berlebih, mual, dan gemetar kalau sedang memikirkan kejombloannya.

Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"