Anak Muda Wajib Tahu! Begini Lho Tips Membeli Rumah dengan KPR

Anak Muda Wajib Tahu! Begini Lho Tips Membeli Rumah dengan KPR

Salah satu cara memiliki rumah adalah dengan menggunakan sistem Kredit Pemilikan Rumah (KPR). Tapi jangan asal pilih ya, kamu harus tahu bagaimana tips membeli rumah dengan KPR agar tidak tertipu nantinya.

Semua pasti setuju kalau rumah merupakan salah satu investasi yang wajib dimiliki, terutama bagi pasangan yang sudah menikah. Sayangnya, membeli rumah tidak semudah membeli permen. Harganya yang kian melambung membuat sebagian orang berpikir ribuan kali untuk membelinya.

Banyak orang yang akhirnya memanfaatkan fasilitas KPR untuk bisa membeli rumah impian. Sistemnya, bank membeli dulu rumah tersebut kepada penjual atau developer, lalu bank menjualnya lagi ke pembeli dengan sistem angsuran yang harus dicicil dengan jangka waktu yang telah ditentukan.

Meski sistem ini telah dijamin oleh Bank, namun bukan berarti kamu sudah bebas masalah. Ada beberapa kendala yang mungkin muncul jika kamu kurang cermat selama proses pengajuan. Nah, sebelum kamu mengajukan KPR untuk memiliki rumah, coba pahami dulu beberapa tips berikut ini.

1. Lakukan Survei Rumah

1. Lakukan Survei Rumah Tips Membeli Rumah dengan KPR (via Suara)

Sebelum mengajukan KPR ada baiknya kamu melakukan survei rumah terlebih dahulu. Sebenarnya bank juga akan melakukan pengecekan lokasi sebelum memberikan persetejuan. Namun tidak ada salahnya kamu juga melakuhan hal sama untuk memastikan.

Hal ini berguna untuk membandingkan rumah yang satu dengan yang lain. Pilih rumah yang sesuai dengan kemampuan finansial kamu agar nantinya tidak keteteran. Tidak hanya itu, kamu juga harus mempertimbangkan lokasi. Siapa tahu lokasi yang kamu pilih ternyata langganan banjir.

Selain itu, beberapa bank biasanya membebankan biaya layanan untuk melakukan proses survey dan administrasi bahkan sebelum pengajuan disetujui. Pastikan rumah yang kamu incar memiliki kriteria yang pas dengan bank yang menangani KPR sehingga chance ditolak juga semakin kecil.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"