Aman Sampai Akhir Bulan, Begini Tips Menghemat Uang Bulanan

Aman Sampai Akhir Bulan, Begini Tips Menghemat Uang Bulanan

Bagaimana sih tips menghemat uang bulanan agar tidak boncos di akhir bulan? Semua pasti setuju kalau mengatur keuangan memang bukan hal mudah. Ketika niat berhemat sudah tertancap di dada, namun ada saja pengeluaran dadakan yang bikin kacau keuangan. Nyesek banget kan kalau saldo sudah tipis padahal gajian masih lama?

Karenanya, tips menghemat uang bulanan memang wajib banget diketahui, terutama buat kamu yang sering kehabisan uang menjelang tanggal tua. Nah, agar hingga akhir bulan keuanganmu tetap aman. Berikut ini beberapa tips yang bisa kamu terapkan. Jadi nggak perlu cari pinjaman kan.

1. Buatlah Daftar Belanja

Tips Menghemat Uang Bulanan (via Moms)

Hal pertama yang harus kamu lakukan untuk menghemat uang bulanan adalah dengan membuat daftar belanja. Wait, memang ada ya pengaruhnya untuk keuangan? Bukannya, bikin list seperti ini malah buang-buang waktu?

Eits, jangan salah ya! Meski terlihat sepele, namun daftar belanja akan membantu kamu mengetahui mana kebutuhan yang harus didahulukan dan tidak. Ke depannya, rencana keuangan kamu akan lebih terstruktur dan terkendali karena kamu akhirnya menyadari barang apa saja yang bisa diabaikan dan tak perlu dibeli.

2. Buat Daftar Menu Makanan



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"