Alasan Rumah di Arab Saudi Gak Pakai Genteng dan Bentuknya Kotak

Alasan Rumah di Arab Saudi Gak Pakai Genteng dan Bentuknya Kotak

Rumah di Arab Saudi dan negara-negara timur tengah lainnya memiliki bentuk yang unik. Rumah di sana tidak memakai genteng dan berbentuk kotak. Tentu desain rumah seperti itu bukan tanpa alasan. Melansir dari kanal YouTube Roni Zalu, warga negara Indonesia yang tinggal di Arab Saudi menceritakan alasannya.

Ia menyebut ada lima alasan kenapda rumah di Arab Saudi tidak memakai genteng dan berbentuk kotak. Alasan pertama karena budaya rumah di Arab Saudi sejak dulu memang seperti itu. Jadi warga Arab Saudi berusaha untuk menjaga kebiasaan tersebut untuk melestarikan budaya.

Alasan kedua karena suhu panas di Arab Saudi. Rata-rata suhu panas di Arab Saudi normalnya bisa mencapai 39 derajat celsius hingga 43 derajat celsius. Untuk menangkal suhu panas makanya banyak rumah di Arab Saudi yang tidak memakai genteng. Kalau ada genteng justru suhu bertambah panas.

Rumah di Arab Saudi Gak Pakai Genteng (Kompas.com)

Rumah di Arab Saudi tidak pakai genteng karena bisa memberikan kehangatan bagi penghuni rumah pada malam hari. “Alasan keempat karena di Arab Saudi jarang turun hujan jadi tidak memerlukan atap miring sebagai jalan aliran air dari atas ke bawah,” bilang Roni.

Satu lagi menurutnya karena rumah yang tidak memakai genteng dan berbentuk kotak bisa tahan lama. “Di Arab suka badai angin dan badai debu,” tambah pria yang diduga menjalankan profesinya sebagai TKI di Arab Saudi.

Sementara itu dikutip dari Kompas.com, Bambang Eka Jaya selaku Wakil Ketua Umum Real Estate Indonesia (REI) mengatakan bahwa rumah berbentuk kotak dan tanpa genteng untuk menangkal suhu panas matahari masuk ke dalam ruangan rumah. Wilayah Arab Saudi sendiri memang dekat dengan gurun pasir sehingga pada siang hari udara sangat panas.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"