Alasan Kenapa Kita Perlu Kontak Mata Ketika Ngobrol dengan Orang Lain

Alasan Kenapa Kita Perlu Kontak Mata Ketika Ngobrol dengan Orang Lain

Ngobrol dengan orang lain pasti terjadi dalam setiap interaksi. Selama kita ngobrol, ada beberapa peraturan tidak tertulis yang wajib kita penuhi. 

Seperti harus menghormati, melempar senyum, atau jangan menyinggung orang lain. Termasuk jangan mainan hape pas lagi ngobrol, gak sopan.

Kontak mata tuh penting lho gengs (unsplash.com)

Yang paling penting nih, kita juga perlu menjaga kontak mata dengan orang lain. Kita perlu menjaga kontak mata agar tetap fokus dalam komunikasi tersebut.

Tapi, kenapa kontak mata itu penting ketika ngobrol dengan orang lain? Seperti dikutip dari Popbela, inilah alasan kenapa kita perlu kontak mata ketika ngobrol dengan orang lain.

#1 Sebagai tanda respek dan apresiasi

#1 Sebagai tanda respek dan apresiasi Itu berarti kita respek dan apresiasi (herway.net)

Kontak mata dengan orang lain ketika ngobrol menunjukkan tanda bahwa kita tuh respek gengs. Ini adalah tanda bahwa kamu menghargai orang itu, kamu pun nggak memandangnya "sebelah mata".

Kontak mata wajib dilakukan dalam setiap kegiatan komunikasi. Sebab, kontak mata akan melibatkan sisi emosional dan penilaian subyektif.

Selain itu, kontak mata juga akan menunjukkan sikap apresiatif pada lawan bicara kita. Peraturan ini jelas tidak tertulis, tapi kita pasti tau sama tau lah.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"