Akan Membuatmu Terkejoed, Viral Gunung Emas di Kongo

Akan Membuatmu Terkejoed, Viral Gunung Emas di Kongo

Beberapa waktu lalu beredar sebuah video yang menayangkan ribuan warga berkumpul di sebuah lokasi penambangan.

Kabar gunung emas di Kongo yang viral tersebut membuat ribuan warga di sekitar Kivu Selatan menyerbu gunung itu. Terlihat mereka berusaha mendulang pundi-pundi kekayaan dari banyaknya emas yang ada di sana.

Atas kejadian tersebut, pihak berwenang di Republik Demokratik Kongo segera bertindak dan telah mengumumkan larangan aktivitas penambangan serta menutup lokasi tersebut.

Dalam video yang beredar secara luas melalui media sosial itu terlihat para warga menggunakan sekop, alat penyaring lain, bahkan tangan kosong untuk menggali biji emas yang ada di gunung tersebut.

Kemudian mereka nampak mencuci kotoran dari logam kuning dan mengumpulkannya di wadah lain.

Viral Fenomena Munculnya Gunung Emas di Kongo (Limapagi.com)

Sebelumnya, emas yang berasal dari suatu gunung di Luhihi, provinsi Kivu Selatan, Kongo, Afrika tersebut dilaporkan mempunyai kandungan 60% hingga 90% emas. Wow, pantes aja ya para penduduk langsung berebut buat ngambil "harta karun" tersebut. Jelas nggak murahan ini mah.

Lebih lanjut, dilansir dari HindustanTime, Tahun lalu Kelompok Ahli PBB mengatakan bahwa provinsi Kivu Utara, Kivu Selatan dan Ituri memproduksi resmi lebih dari 60 kilogram emas artisanal pada 2019, namun mengekspor lebih dari 70 kg, hal ini menunjukkan produksi yang tidak dilaporkan secara besar-besaran pastinya tidak akan tercatat.

Hingga kini, video tersebut masih ramai diperbincangkan netizen di seluruh dunia. Ada yang heran, ada pula yang takjub dengan fenomena yang tak lazim ini.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"