Adab Terhadap Guru Berdasarkan Tuntunan Islam, Doakan Supaya Berkah

Adab Terhadap Guru Berdasarkan Tuntunan Islam, Doakan Supaya Berkah

Guru adalah sosok yang sangat berjasa dalam hidup kita. Karena beliau yang mengajari banyak ilmu dan membuka pikiran. Apalagi guru agama yang gak hanya ngasih pelaaran dunia tapi juga akhirat. Hingga ada adab terhadap guru yang harus kita lakukan.

DR. Umar As-Sufyani Hafidzohullah mengatakan, "Jika seorang murid berakhlak buruk kepada gurunya maka akan menimbulkan dampak yang buruk pula, hilangnya berkah dari ilmu yang didapat, tidak dapat mengamalkan ilmunya, atau tidak dapat menyebarkan ilmunya. Itu semua contoh dari dampak buruk."

Adab terhadap guru bukan hanya semata untuk berbuat baik terhadap mereka yang mengajari kita. Tapi juga untuk mendapatkan berkah dari ilmunya.

Adab terhadap guru (fiqhislam.com)

Berkata Abdurahman bin Harmalah Al Aslami,

"Tidaklah sesorang berani bertanya kepada Said bin Musayyib, sampai dia meminta izin, layaknya meminta izin kepada seorang raja."

Adab Terhadap Guru

1. Duduk

Adab terhadap guru yang pertama adalah duduk dengan sopan dan tenang. Gak sandaran dan gak membentangkan kaki. Duduk dengan rapi dan tawadhu'.

2. Diam

Sahabat Abu Sa’id Al-Khudri Radhiallahu ‘anhu berkata,

"Saat kami sedang duduk-duduk di masjid, maka keluarlah Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam kemudian duduk di hadapan kami. Maka seakan-akan di atas kepala kami terdapat burung. Tak satu pun dari kami yang berbicara" (HR. Bukhari).

Ketika dihadapan seorang guru baiknya murid tidak bicara sendiri dan ramai. Ketika duduk dengan guru hendaknya diam dan mendengarkan dengan baik.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"