Ada Juga Lho Fobia Terkait Cinta, Apa Aja Sih?

Ada Juga Lho Fobia Terkait Cinta, Apa Aja Sih?

Hei Paragengs! Kalian tau kan apa itu fobia? Dari sekian banyak penjelasannya, fobia bisa diartikan sebagai rasa takut berlebih. Tentunya kepada suatu hal atau suatu fenomena.

Semua orang punya fobianya masing-masing. Biasanya, serangan psikis ini dipicu oleh rasa trauma atau hal-hal lainnya. Ini dalam hal apa pun, bahkan hingga kini terdapat lebih dari 500 jenis fobia.

Jadi, nyaris nggak mungkin siapapun di dunia ini nggak mengidap salah satu dari ratusan jenis fobia tersebut. Nah, kali ini kita akan mengulas fobia terkait cinta. Kira-kira, kamu ngalamin salah satu di antaranya ga sih?

1. Chiraptophobia

Pengidap fobia ini biasanya sangat takut untuk bersentuhan secara fisik. Untuk pengidap dalam kondisi yang kronis, fobia ini bikin mereka nggak sanggup melihat atau malah takut ngeliat sesuatu yang mengandung sentuhan fisik. Misalnya drama romantis yang banyak mengumbar adegan sentuhan fisik.

Takut untuk merasakan cemburu (independent.co.uk)

Pengidap zelophobia biasanya punya ketakutan berlebihan terhadap hadirnya perasaan cemburu. Pengidap fobia ini meyakini, rasa cemburu merupakan sifat yang mengikat secara berlebihan.

3. Philophobia

Philo dalam bahasa Yunani berarti 'cinta'. Jadi fobia jenis ini membuat pengidapnya merasa takut untuk jatuh cinta. Apalagi dicintai. Penyebabnya banyak, tapi seringnya sih karena pernah mengalami kisah cinta yang sangat buruk. Hal itu bikin mereka trauma berkepanjangan.

4. Metrophobia

Fobia yang takut akan kata atau ungkapan puitis (rawanonline.com)

Fobia jenis ini menyerang mereka yang merasa ketakutan sekali dengan kata-kata puitis. Entah dalam puisi atau karya-karya sastra. Untuk mereka yang nggak mengidap fobia ini, kata-kata puitis itu amat romantis. Tapi para pengidap metrophobia malah benci dengan kata-kata atau ungkapan-ungkapan begitu.

5. Anuptaphobia

Fobia ini membuat para pengidapnya punya rasa takut berlebih untuk menjadi lajang. Dalam tahap yang ekstrem, pengidapnya bisa aja memilih sembarang orang untuk dijadikan kekasihnya. Semua itu demi melawan rasa kesendiriannya atau kesepiannya.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"