Ada Gempa Saat Naik Motor, Ini 5 Tips Aman yang Harus Dilakukan

Ada Gempa Saat Naik Motor, Ini 5 Tips Aman yang Harus Dilakukan

Gempa bumi bisa datang kapan saja. Banyak orang yang merasakan gempa dalam situasi yang tidak siap dan tempat yang berbahaya. Salah satunya adalah gempa terjadi ketika seseorang sedang mengendarai sepeda motor di jalan. Lalu apa yang harus dilakukan pengendara motor ketika gempa datang?

Jangan Panik

Langkah pertama yang dilakukan pengendara motor ketika merasakan gempa adalah tetap tenang dan tidak panik. Sebab kepanikan saat sedang mengendarai motor bisa membahayakan keselamatan pengemudi dan juga pengendara lain yang berada di jalan saat itu juga.

Hindari Kendaraan Besar

Saat sedang mengendarai motor melintas di jalan raya dengan kendaraan ramai, usahakan dengan menghindari kendaraan besar saat terjadi gempa. Kendaraan seperti truk dan bus sebaiknya berada jauh dari kendaraan itu. Sebab dikhawatirkan kendaraan itu tidak stabil dan menimpa kendaraan kecil termasuk motor di sekelilingnya.

Selain menghindari kendaraan besar, usahakan pengendara motor menghindari pohon besar atau baliho besar karena jika gempa bumi berkekuatan besar bisa saja membuat pohon dan baliho tersebut jatuh ke jalan dan menimpa motor yang ada di dekatnya.

Ada Gempa Saat Sedang Naik Motor, Ini 5 Tips Aman yang Harus Dilakukan (Wahana Honda)

Kurangi Kecepatan

Mengurangi kecepatan ketika gempa terjadi menjadi cara yang benar. Jika tidak bisa berhenti di jalan sebaiknya menurunkan kecepatan menjadi 10 kilometer per jam. Setelah bisa untuk berhenti segeralah mencari lahan dan tanah lapang yang aman untuk bisa berhenti mengamankan posisi.

Jangan Berhenti Mendadak

Hal ini kadang dilakukan orang ketika panik yakni berhenti mendadak. Karena memutuskan berhenti ternyata bisa mendatangkan masalah dengan pengendara lain. Cobalah untuk mengurangi kecepatan saja dibanding mendadak berhenti. Pengendara motor juga dilarang memacu kendaraan cepat karena motor bisa tidak stabil dan pengendara bisa jatuh.

Parkir Motor yang Benar

Jika sudah bisa berhenti di tempat yang aman, cobalah memarkir motor yang benar. Jangan memarkir motor dengan menggunakan standar dua atau ganda hingga standar samping. Sebab jika ada gempa susulan motor bisa jatuh dan menimpa orang atau motor di dekatnya. Usahakan dengan merebahkan motor di aspal atau tanah.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"