8 Tahun Lalu Jembatan Kutai Kertanegara Roboh Hingga Tewaskan Puluhan Warga

8 Tahun Lalu Jembatan Kutai Kertanegara Roboh Hingga Tewaskan Puluhan Warga

Taukah kalian sama jembatan Kutai Kertanegara? Jembatan ini melintas di atas sungai Mahakam. Ini adalah jembatan gantung yang paling panjang di Indonesia. Jembatan ini punya panjang hingga 710 metr. Sementara itu bentang bebas atau area yang tergantung mencapai 270 meter.

Masyarakat dari Tenggarong akan melewati jembatan Kutai Kertanegara kalo mau ke Samarinda. Nah, jembatan ini pernah roboh pada tahun 2011 lalu, tepatnya pada 26 November.

jembatan Kutai Kertanegara (wowkeren.com)

Akhirnya dibangun lagi pada 2013 yang resmi dibuka pada 8 Desember 2015. Yuk, simak fakta-fakta tentang jembatan ini.

1. Dibangun pertama kali pada 1995

Jembatan Kutai Kertanegara pertama dibangun pada 1995. Lalu, selesai pada 2001. Kontraktor yang menangani proyek pembangunan ini adalah PT Hutama Karya.

Jembatan Kutai Kertanegara sebenernya adalah proyek pembangunan jembatan kedua di Kaltim setelah pembangunan jembatan Mahakam I di Samarinda.

Desain Jembatan Kutai Kertanegara mirip dengan Golden Gate di San Fransisco, AS. Memang pembangunanya dilakukan usai studi banding di Amerika Serikat.

2. Memakan puluhan korban

Jembatan Kukar yang roboh (bbc.com)

Ada banyak korban tewas saat Jembatan Kutai Kertanegara roboh pada 26 November 2011. Waktu itu, tim SAR setiap hari menemukan mayat mengapung di sungai. Duh ngeri banget ya.

Jumlah total korban tewas hingga 20 orang. Tim SAR berhasil menemukan lima mayat pada hari Selasa (29/11/2011), lalu satu mayat di hari Rabu (30/11/2011). Yang paling banyak, tim SAR nemu delapan korban nggak bernyawa pada hari Senin (28/11/2011). Kemudian, pada hari pertama, petugas nemu empat mayat.

3. Ada 3 tersangka yag ditahan

Melansir Tribunnews, ada 3 orang yang ditahan karena diduga melakukan kelalaian. Kelalaian ini yang mengakibatkan robohnya Jembatan Kutai Kertanegara. Ketiga tersangka itu berinisial YS, HS, dan MSF.

YS dan HS adalah pegawai Dinas PU Kukar. Sementara itu, MSF adalah project manager dari PT Bukaka.

4. Roboh dalam 20 detik



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"