7 Tips untuk Ayah Baru, Demi Menjadi Jadi Suami Siaga Plus Ayah Idaman

7 Tips untuk Ayah Baru, Demi Menjadi Jadi Suami Siaga Plus Ayah Idaman

Menjadi seorang ayah mungkin jadi salah satu pengalaman terbesar di hidupmu.

Memanfaatkan waktu cuti untuk mengenal bayi adalah cara yang bagus untuk memulai hidupmu sebagai seorang ayah. Awal-awalnya mungkin tidak mudah. Tapi tenang saja, kamu pasti bisa melakukannya dengan baik asal mau belajar dan berusaha.

Berikut ini adalah 10 tips ayah baru yang akan sangat membantumu di awal-awal memiliki anak:

1. Libatkan Dirimu dalam Semua Aktivitas Mengurus Anak

Ayah mengganti popok bayi (mediapria.com)

Meskipun masih kaku dan takut-takut. Tapi jangan ragu untuk selalu terlibat mengurus segala hal yang berkaitan dengan bayimu. Mulai dari mengganti popok, memandikan, mengganti baju, mengajak bicara, menggendong, dan sebagainya.

2. Pelajari Setiap Bahasa Tubuh Bayi

Karena belum bisa bicara, tentu sulit memahami apa maksud dari bayi menangis. Tapi bukan berarti gak bisa dong. Coba baca banyak tulisan atau buku yang membahas tentang berbagai arti tangisan bayi atau bahasa tubuh mereka.

3. Ajak Bicara Bayimu Sesering Mungkin

Meskipun belum bisa ngomong bahasa manusia. Bayi suka lho diajak bicara. Katakan apa saja ketika kalian sedang berdua, misalnya "Popoknya ayah ganti ya sayang." atau "Kamu sudah kenyang ya abis nyusu?" dan sebagainya. Rajin mengajak anak ngomong bisa membantunya cepat bicara.

4. Rajin-Rajin Menyentuhnya

Koneksi ayah dan anak bisa dibangun dari ketika bayi masih di kandungan. Kamu bisa melakukannya dengan rajin menyentuh perut sang ibu, mengajak bicara. Ketika sudah lahir, kamu juga bisa sering-sering menggendongnya supaya ia mengingat aroma tubuhmu.

5. Bantu Istrimu Menyusui



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"