7 Film Indonesia yang Dilarang Tayang Di Indonesia, Salah Satunya Film Reza Rahardian Loh

7 Film Indonesia yang Dilarang Tayang Di Indonesia, Salah Satunya Film Reza Rahardian Loh

Pembuatan film hingga proses tayang adalah hal yang cukup panang danrumit. Ada kalanya film yang udah jadi malah gak bisa tayang. Gak jadi ditonton banyak orang dan justru menimbulkan kerugian.

Film Indonesia yang Dilarang Tayang di Indonesia

Ada banyak film indonesia yang dilarang tayang di indonesia. Beragam juga alasanhya gengs. Bisa jadi karena gak sesuai dengan sejarah, berpotensi menimbulkan kontroversi dan konflik di masyarakat. Atau dianggap propaganda yang berbahay bagi pemerintah.

Berikut ini deretan film indonesia yang dilarang tayang di indonesia.

1. Romusha

Romusha (indonesianfilmcenter.com)

Film ini disutradarai oleh Herman Nagara ini. Berkisah soal kekejaman Jepang saat menduduki Indonesia selama 1943—1944. Tokoh utamanya adalah Rota, orang Indonesia yang ditangkap tentara Jepang dan dibuat menjadi pekerja paksa atau romusa.

Pada saat film ini mau tayang, hubungan jepang dengan Indonesia udah membaik. Maka jadilah film indonesia yang dilarang tayang di indonesia. Agar gak mengganggu hubungan dua negara.

Karena gak jadi tayang, kabarnya segala kerugian pembuatan film diganti sama pihak Jepang gengs.

2. Pagar Kawat Berduri

Menjadi salah satu film indonesia yang dilarang tayang di indonesia. Film ini di bawah komando sutradara Asroel Sani. Kisahnya soal para pejuang yang ditahan sama Belanda. Ada bagian film yang menceritakan Parman, orang Indonesia yang berteman dengan Perwira Belanda untuk mencari informasi.

Pertemanan ini yang membuat film Pagar Kawat Berduri jadi film indonesia yang dilarang tayang di indonesia oleh Partai Komunis Indonesia. Karena ditakutkan bisa membangun simpati pada orang Belanda.

Film ini diselamatkan oleh Soekarno dan ditayangkan tahun 2018.

3. Max Havelaar



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"