7 Cara Yang Bisa Kamu Coba, Agar Selamat dalam Kecelakaan Pesawat

7 Cara Yang Bisa Kamu Coba, Agar Selamat dalam Kecelakaan Pesawat

Meski menjadi transportasi umum dengan tingkat keamanan tertinggi. Nyatanya kecelakaan pesawat masih menjadi momok bagi sebagaian orang.

Kecelakaan memang bisa terjadi dimana saja dan kapan saja. Baik darat, laut, dan udara jika memang sudah takdirnya pasti tak dapat dihindari. 

Kecelakaan pesawat memiliki tingkat survivabilitas 95,7 persen, menurut Dewan Keselamatan Transportasi Nasional Amerika Serikat. 

Terlepas dari sikap pesimis publik, melansir laman Business Insider, Selasa (12/1/2021) lalu, ada beberapa hal yang dapat kita lakukan untuk meningkatkan peluang bertahan hidup dalam kecelakaan pesawat terbang.

Pada malam Natal 1971, petir menyambar pesawat komersial yang terbang di atas Peru, membuatnya meledak dan terbakar. Juliane Koepcke yang saat itu berusia 17 tahun menjadi satu-satunya yang selamat dari 92 orang di dalamnya.

Ia masih terikat di kursinya dan jatuh 3,2 kilometer (km) ke dalam hutan hujan Peru. Berkat keterampilan bertahan hidup yang diajarkan sang ayah, ia muncul 10 hari kemudian dengan tulang selangka patah, ligamen lutut yang robek, dan luka dalam, tapi masih bertahan hidup.

Ilustrasi Pesawat Terbang (Kompasiana.com)

Memang nggak semua orang terlatih untuk menyalamatkan diri dari sebuah kecelakaan. Tapi ada hal-hal tertentu yang dapat dilakukan untuk meningkatkan peluang selamat dalam kecelakaan pesawat. 

Dengan membaca artikel ini, saat dihadapkan pada kondisi serupa, kamu bakal berpikir berbagai cara untuk selamat, bukan bagaimana kamu akan meninggal.

1. Berpakaian dengan Benar

Yang pertama. Kamu bisa mulai upaya ini, bahkan sebelum tiba di bandara.

 Para ahli merekomendasikan mengenakan pakaian ketat saat terbang. Jika terjadi kecelakaan, benda-benda yang longgar lebih mungkin tersangkut di ujung permukaan tak rata dan memperlambat pergerakan kamu.

Memakai celana jeans dan kemeja lengan panjang yang nyaman dapat melindungi anggota tubuh kamu dari benda tajam dan api. 

Gandakan keselamatan kebakaran dengan mengenakan pakaian yang terbuat dari katun atau bahan alami lain. Bahan tersebut tak terbakar atau meleleh semudah material sintetis.

Mengenakan sepatu yang praktis seperti bot, kets, dan sepatu lain yang nggak gampang jatuh adalah pilihan cerdas untuk lari saat berada dalam kecelakaan pesawat.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"