6 Jurusan Kuliah Termurah di Indonesia, Bisa Langsung Dapat Kerja!

6 Jurusan Kuliah Termurah di Indonesia, Bisa Langsung Dapat Kerja!

Tak dipungkiri biaya kuliah di sebuah perguruan tinggi semakin mahal. Hal ini membuat orangtua akan berpikir keras untuk memasukan anaknya untuk kuliah. Tapi jangan pusing dulu karena ada kok beberapa jurusan kuliah  yang memiliki biaya sangat murah, bahkan termurah di Indonesia.

Dengan mengetahui beberapa jurusan kuliah yang cukup murah, maka calon mahasiswa bisa tinggal memilih jurusan kuliah apa saja yang ingin didaftar. Tentunya harus melakukan konsultasi dengan orangtua. Berikut ini beberapa jurusan kuliah yang disebut tidak memakan biaya yang mahal setiap semester.

1.    Teknik Pengairan

Teknik pengairan akan menghasilkan ahli dalam bidang pengairan. Sarjana yang lulus dari jurusan ini bisa bekerja di perusahaan yang terkait dengan jaringan irigasi dan perencanaan pembangkit tenaga listrik. Jurusan ini cukup jarang di Indonesia karena hanya ada 2 universitas, yakni Universitas Brawijaya dan Institut Teknologi Bandung.  Biaya per semesternya mulai dari Rp 500.000 – Rp 7.000.000.

6 Jurusan Kuliah Termurah di Indonesia, Bisa Langsung Dapat Kerja (Pikiran Rakyat)

2.    Ilmu Perpustakaan

Sama halnya dengan teknik pengairan, ilmu perpustakaan juga menjadi jurusan yang cukup langka dengan mahasiswa yang sedikit. Meski jurusan kuliah tidak populer naming ilmu ini mengajari banyak hal tentang mengelola perpustakaan dan mengelola informasi agar buku atau dokumen muda didapatkan pengunjung. Juruan ilmu perpustakaan ini terdapat di Universitas Brawijaya dan Universitas Diponegoro dengan biaya kuliah mulai dari Rp 500.000

3.    Teknologi Bioproses

Nama jurusan ini mungkin jarang diketahui masyarakat. Namun ilmu ini khusus mempelajari pemanfaatan mikroorganisme untuk proses industri  yang menghasilkan keuntungan. Biasanya siswa yang di sekolahnya mengambil jurusan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dan menyukai pelajaran kimia, sangat cocok dengan jursan ini. Biaya kuliah per semester mencapai Rp 500.000 – Rp 7.500.000

4.    Pendidikan Olahraga

Mahasiswa yang ingin menjadi guru olahraga bisa mengambil jurusan pendidikan olahraga. Banyak mahasiswa yang meminati jurusan ini karena mencintai olahraga. Jurusan ini mengulas pendidikan tentang keolahragaan, aturan dan fungsi olahraga, strategi, dan teknik pengajaran olahraga. Salah satu universitas yang memiliki jurusan ini ada di Universitas Pendidikan Indonesia. Biaya kuliah per semester mulai dari Rp 500.000.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"