5 Tips Wawancara Online di Tengah Pembatasan Sosial COVID-19

5 Tips Wawancara Online di Tengah Pembatasan Sosial COVID-19

Pembatasan karena Covid-19 telah sepenuhnya membentuk kembali cara perusahaan beroperasi. Bahkan setelah pembatasan dilonggarkan, banyak yang berharap kerja jarak jauh tetap ada. Jadi bagaimana kamu bisa mengesankan bos baru dari rumah? Apakah kamu mau ada wawancara online?

Ikuti kiat wawancara online seperti berikut ini

1. Suasana tenang dan formal

Suasana tenang dan formal (flexjobs.com)

Perekrut mengatakan bahwa baik pewawancara maupun kandidat harus memperlakukan wawancara jarak jauh seperti wawancara tatap muka tradisional.

"Ketika orang-orang bekerja di rumah, karena itu adalah ruang pribadi, banyak kandidat benar-benar mengabaikan fakta bahwa ini masih merupakan pertemuan pertama yang formal," kata Stone, pendiri MRL Consulting Group.

"Sungguh menakjubkan apa yang kamu lihat terjadi di latar belakang," tambahnya.

Katika kamu melakukan wawancara online, pastikan menggunakan ruangan yang rapi dan tenang. Lebih baik lagi kalau backgroundnya polos aja gengs. Jangan sembarangan cari tempat online.

2. Tampil sebaik mungkin

Meski online, kamu juga harus berpenampilan terbaik layaknya mau wawancara offline. Mulai dari rambut, pakaian, riasan, cara duduk, cara bicara semua harus dipersiapkan dengan baik.

Melakukan wawancara jarak jauh - baik melalui telepon atau video - bukan konsep baru, terutama untuk perusahaan yang telah membangun tim internasional. Adanya alat kecerdasan buatan bisa digunakan untuk menyaring calon karyawan.

Ada algoritme yang dapat menganalisis nada suara kandidat, ekspresi wajah, dan pola bicara selama pra-penilaian video. Ada yang sampek kayak gini juga.

3. Kuasai alat

Kuasai alat (yooreka.id)

Ada banyak aplikasi untuk melakukan wawancara online. Bisa pakai Zoom, Hangout, Skype atau aplikasi lainnya. Biar kamu gak kelihatan ragu dan salah nantinya. Pastikan kamu udah mencoba sebelumnya. Biar lencar gengs.

Selain itu cari jaringan internet yang oke. Bahkan gak ada salahnya kamu sewa ruangan yang tenang dan nyaman dengan wifi kencang.

Calon dan pewawancara sama-sama harus menghidupkan semua peralatan 15 menit sebelumnya, berpikir tentang mendapatkan pencahayaan dan sudut kamera yang tepat, menguji mikrofon, dan persiapan lainnya.

4. Lihat kamera



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"