5 Tips Keuangan yang Wajib Kamu Praktikkan Mulai Sekarang, Dijamin Masa Depan Cerah dan Anti Bokek

5 Tips Keuangan yang Wajib Kamu Praktikkan Mulai Sekarang, Dijamin Masa Depan Cerah dan Anti Bokek

Mengatur keuangan adalah hal yang sangat penting, terutama jika kamu sudah punya penghasilan tetap tiap bulan. Tapi, sudah tahu belum bagaimana cara mengatur keuangan yang benar demi hidup yang lebih baik? 

Kalau masih bingung, gak perlu khawatir. Sekarang ada banyak sumber yang bisa kamu manfaatkan untuk belajar soal mengatur keuangan. Kamu bisa belajar dari buku, video YouTube, Podcast, konsultasi dengan ahlinya, dan lewat artikel ini. Hehehehe.

Langsung aja yuk, kita mulai pembahasannya! Di bawah ini ada 5 tips cara mengatur keuangan demi masa depan cerah anti bokek bokek klub.

1. Coba Bayangkan Dirimu di Usia 70 Tahunan

Persiapkan dana pensiun sedini mungkin (money.kompas.com)

Kamu saat ini memang masih mudah dan produktif. Tapi kamu tahu sendiri bahwa di masa tua, kita sudah gak sekuat dan seproduktif saat muda. Jadi, pikirkan mulai sekarang. Kamu mau masa tua yang santai bersama keluarga atau masih ingin bekerja?

2. Atur Gaji dengan Prinsip 50-20-30

Selain itu, akan sangat baik jika mulai dari sekarang kamu membagi penghasilanmu ke beberapa terminal. 50% untuk biaya hidup: makan, bayar tagihan, transportasi, dan sebagainya.

Sementara 20%-nya untuk tabungan dan investasi. Uang ini nantinya bisa kamu gunakan untuk keperluan mendesak, seperti biaya berobat, servis kendaraan, dan biaya tak terduga lain. Jangan lupa juga untuk investasi di dana pensiun atau asuransi jaminan hari tua.

30% sisanya untuk hiburan, liburan, belanja, atau apa pun yang membuat hatimu senang. Tapi jika jumlah 30% alokasi ini dianggap terlalu banyak, kamu bisa menguranginya dan mengalihkannya ke terminal yang lain. Misalnya tabungan atau investasi. 

3. Ikut Asuransi Dana Pensiun atau Jaminan Hari Tua



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"