5 Tips Jitu Menekan Rasa Malas, Hilangkan Kebiasaan Menunda-nunda dan Rebahan Sepanjang Hari!

5 Tips Jitu Menekan Rasa Malas, Hilangkan Kebiasaan Menunda-nunda dan Rebahan Sepanjang Hari!

Mager alias malas gerak merupakan hal yang manusiawi dan semua orang pasti pernah mengalaminya. Meskipun demikian, kamu nggak bisa terus-terusan memelihara sifat malas tersebut. Perlu diketahui, bahwa mempertahankan kemalasan dapat berisiko fatal bagi pencapaian masa depanmu, lho. Serem kan?

Kemalasan merupakan salah satu hambatan terbesar yang dapat menggagalkan kesuksesan. Meskipun tidak mudah, tapi sudah sepatutnya rasa malas harus dilawan. Tentu kamu nggak mau kan, jika terjebak dalam rasa malas terus menerus? Yuk, simak 5 tips jitu lawan rasa malas berikut ini.

1. Hilangkan sifat menunda-nunda

Menunda-nunda tugas atau pekerjaan merupakan kebiasaan buruk yang masih sering dilakukan banyak orang. Rasanya ingin mengerjakannya nanti saja, karena deadline juga masih lama.

Alih-alih mengerjakan apa yang sedang menjadi tanggungan, kamu malah mengisi waktu dengan kegiatan lain yang sebenarnya tidak lebih penting. Jika kebiasaan ini tidak segera diubah, tentu keberhasilanmu akan terhambat.

Dengan dalih nanti-nanti saja semua tanggunganmu akan terlupakan dan pada akhirnya malah jadi tidak tuntas. Kalau ini sampai terjadi, tentu akan merugikan dirimu sendiri. Lebih parahnya lagi, sifat tersebut bisa merugikan pihak lain sehingga perusahaan atau partner nggak akan ngajak kerjasama karena nggak bisa mengerjakan sesuatu sesuai deadline. 

Ilustrasi Malas (KlikDokter)

2. Buatlah daftar target apa saja yang harus diraih

Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk menekan rasa malas adalah dengan membuat daftar target apa saja yang harus diraih. Buatlah penetapan terkait apa saja hal-hal yang harus kamu selesaikan dalam minggu atau bulan ini.

Dengan adanya serangkaian target yang harus diraih, maka kamu akan terdorong untuk berusaha mencapai apa yang telah ditentukan. Yakinkan diri bahwa kamu pasti bisa meraih target-target tersebut. Hal ini akan membuatmu lebih bersemangat sehingga tidak lagi terjebak dalam kemalasan.

3. Susunlah jadwal harian yang teratur

Dalam menjalani kehidupan, mungkin saja kamu memiliki segudang aktivitas yang menumpuk. Ada kegiatan-kegiatan tertentu yang memang bersifat penting dan ada pula kegiatan-kegiatan lain yang sebenarnya tidak begitu penting.

Banyaknya kegiatan seringkali membuatmu lelah di awal dan merasa malas meskipun belum menjalaninya. Untuk mengatasi hal tersebut kamu bisa membuat jadwal harian.

Dengan adanya jadwal harian maka kamu dapat mengatur waktu dengan cermat, serta mampu memilah mana aktivitas yang sekiranya penting dan harus didahulukan.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"