5 Manfaat Air AC untuk Tanaman Hidroponik Jadi Lebih Sehat

5 Manfaat Air AC untuk Tanaman Hidroponik Jadi Lebih Sehat

Minat masyarakat untuk memproduksi bahan pangan yang bebas dari pestisida semakin meningkat. Berbagai proyek hidroponik pun dimulai.

FYI, Tanaman hidroponik dapat tumbuh dengan baik melalui nutrisi dari air, jadi kamu lebih bisa mengurangi kebutuhan akan pestisida dan herbisida yang terbuat dari bahan kimia.

Salah satu keunggulan hidroponik lainnya adalah lebih hemat air. Kebanyakan sistem hidroponik ditata pada tempat tertutup sehingga air yang ada di media atau wadahnya tidak mudah menguap karena panas. Nilai lebihnya adalah kamu bisa meminimalisir penggunaan air secara berlebih.

Menariknya lagi, demi memenuhi kebutuhan air tanaman hidroponik, kamu bisa memakai air sisa AC (air conditioning) atau alat penyejuk ruangan. Alih-alih membuang limbah AC, kamu bisa memanfaatkan airnya untuk merawat koleksi tanaman hidroponik di rumah.

Hah, AC? Baru tau kan? Hehehe. Lalu apa aja manfaat air AC ini? Berikut sudah kami rangkum dari berbagai sumber khusus buatmu. Simak yuk!

Ilustrasi Tanaman Hidroponik (Pinterest)

1. Menyiram tanaman.

Air dari kondensasi AC dapat digunakan untuk menyiram tanaman. Baik tanaman hidroponik di dalam maupun di luar ruangan. Kamu dapat mengisi kaleng penyiram dan menghubungkannya ke sistem penampung air hujan kemudian alirkan langsung ke kebun hidroponik. Atau kamu bisa menyimpannya kemudian menyirami taman sendiri secara manual.

2. Membuat tanaman semakin hijau.

Air yang keluar dari AC masih dalam kondisi segar. Sebab itu limbah ini dapat dimanfaatkan untuk menyegarkan tanaman. Jika tanaman tetap segar, maka warna hijaunya akan lebih tahan lama, fresh, dan tampak sedikit tebal.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"