5 Langkah yang Harus Diantisipasi Sebelum Rumah Kebanjiran

5 Langkah yang Harus Diantisipasi Sebelum Rumah Kebanjiran

Tidak ada yang pernah tahu kapan bencana akan tiba, termasuk bencana banjir . Di Indonesia terdapat banyak daerah yang jadi langganan banjir ketika hujan deras melanda atau mendapatkan banjir kiriman. Saat rumah kebanjiran, si pemilik rumah harus memikirkan bagaimana amankan barang saat banjir.

Mengingat yang namanya banjir selalu datang tiba-tiba dan berlangsung dengan cepat. Lantas bagaimana tips yang aman bersiap menyambut banjir? Termasuk juga amankan dokumen atau surat berharga supaya tidak rusak karena air masuk ke dalam rumah.

Yang namanya banjir sebenarnya bisa disiasati oleh pemilik rumah. Misalnya melihat air hujan yang deras hingga informasi air akan masuk ke rumah beberapa jam lagi, sehingga sebelum air membanjiri rumah, pemilik rumah bisa melakukan beberapa cara berikut ini.

5 Langkah yang Harus Dilakukan Sebelum Rumah Kebanjiran (Republika)

1.    Amankan Dokumen

Dokumen penting itu seperti kartu keluarga, ijazah, surat rumah, dan surat berharga lainnya. Masukkan surat-surat itu ke dalam wadah berupa plastik agar tidak rusak ketika terkena air. Lalu tempat untuk menyimpan surat itu diletakan di tempat yang aman dan jauh dari terjangan air.

2.    Matikan Listrik

Masuknya air ke dalam rumah bisa menjadi pemicu terjadinya kebakaran atau korsleting listrik. Makanya sebelum air masuk ke dalam rumah usahakan untuk mematikan aliran listrik di dalam rumah , supaya kabel-kabel barang elektronik tidak mengandung muatan listrik ketika bersentuhan dengan air yang masuk ke rumah.

3.    Pindahkan Barang Elektronik

Setelah mematikan listrik untuk mencegah kebakaran, tak ada salahnya pemilik rumah segera memindahkan barang elektronik ke tempat aman. Misalnya memindahkan beberapa barang seperti televisi atau kipas angina ke tempat yang aman. Syukur-syukur di rumah itu ada lantai dua sehingga barang-barang bisa dievakuasi di tempat tersebut.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"