5 Kecelakaan Kereta Api Paling Mengerikan di Indonesia

5 Kecelakaan Kereta Api Paling Mengerikan di Indonesia

Beberapa waktu lalu peristiwa kecelakaan kereta api  dengan mobil di perlintasan kereta api di Tambun, Bekasi, Jawa Barat memang menyedihkan. Satu orang pengemudi mobil tewas mengenaskan, sementara dua penumpang lainnya dinyatakan selamat. Ternyata di Indonesia kecelakaan kereta api memang kerap terjadi.

Ada kecelakaan kereta api dengan kereta api, kereta api dengan mobil, hingga kecelakaan kereta api dengan truk pengangkut BBM. Berikut ini ada 5 kecelakaan kereta paling mengerikan di Indonesia yang mengakibatkan ratusan jiwa meninggal dunia.

1.    Kecelakaan di Sumatera Barat

Setahun sebelum Indonesia merdeka atau di tahun 1944 terjadi kecelakaan kereta api yang menyebabkan 200 orang tewas mengenaskan. Kecelakaan ini terjadi karena kereta api mengalami masalah dalam pengereman. Lokasinya berada di kawasan Lembah Anai, Sumatera Barat yang memang terkenal rawan kecelakaan.

5 Kecelakaan Kereta Api Paling Mengerikan di Indonesia (Tempo.co)

2.    Kecelakaan di Depok

Tahun 1968 juga pernah terjadi kecelakaan kereta api di Depok. Kecelakaan itu antara KA Bumel dengan kereta api cepat. 116 orang harus meninggal dalam kecelakaan itu. Konon banyak jasad korban yang meninggal dalam kondisi tidak utuh.

3.    Kecelakaan di Bintaro

Kecelakaan kereta api terjadi di kawasan Bintaro. Peristiwa ini disebut dengan Tragedi Bintaro pertama. Terjadinya pada tahun 1987 pada pagi hari. Kedua kereta mengalami “adu banteng”, yakni kereta menuju Kebayoran Lama dan kereta menuju Merak. Kedua kereta dipenuhi penumpang dan banyak yang berdiri di atas atap kereta.

Kejadian memilukan itu mengakibatkan 134 orang tewas di lokasi dan ratusan orang lainnya menderita luka. Sampai sekarang kecelakaan itu menjadi salah satu kecelakaan yang paling membekas di Indonesia.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"