5 Jenis Suara Paling Keras di Dunia, Pernah Dengar?

5 Jenis Suara Paling Keras di Dunia, Pernah Dengar?

Ini dia lima teratas jenis suara paling keras di dunia. Kalian udah pernah denger belom?

Dunia ini sebenernya sempit, bahkan kamu bisik-bisik aja orang lain bisa tau, hehehe. Tapi di balik itu, ada juga kok suara-suara yang disebut paling keras di dunia ini.

Beberapa suara di lingkungan kota besar seperti klakson dalam kemacetan, hingga gedung-gedung yang sedang dibangun kayak udah paling berisik aja tuh ya. Kalian bisa auto tutup kuping tuh, ya gimana, bikin stres.

Secara ilmiah, suara-suara begitu terbukti bisa menyakitkan telinga. Suara apa pun di atas 85 desibel udah cukup untuk membuat telinga gak bisa lagi mendengar. Lebih dari itu, suara yang mencapai sekitar 120-130 desibel, kita akan merasa sakit di telinga.

Nah, seperti dikutip dari Listverse, para ahli telah mengelompokkan lima teratas suara-suara paling berisik di dunia. Apa aja? Simak deh, pasti kalian udah pernah denger.

5. Konser musik, apa pun, terutama yang besar

5. Konser musik, apa pun, terutama yang besar Konser musik ternyata berisik banget lho (visitphilly.com)

Konser musik, kayaknya rata-rata orang udah pernah dateng ke acara yang selalu ada setiap tahunnya. Konser musik dalam skala besar ternyata bisa menghasilkan gelombang suara 135 hingga 145 desibel loh.

Karena itu, jika sebuah konser musik digelar secara terbuka, suaranya bisa didengar hingga beberapa kilometer jauhnya. Inilah suara paling berisik peringkat kelima di dunia.

4. Balapan mobil balap

4. Balapan mobil balap Balapan jet darat F1 tuh suaranya keras banget (formula1.com)

Balapan mobil balap masuk sebagai penyumbang suara paling berisik kedua di dunia. Balapan jet darat F1 misalnya, besar lho potensinya untuk merobek gendang telinga kita.

Pasalnya, dalam titik tertentu, mobil balap itu bisa mencapai gelombang suara 160 desibel yang bisa segera merusak indra pendengaran kita. Penglihatan terganggu, begitu juga tenggorokan kita.

3. Paus biru

3. Paus biru Paus biru juga berusara nyaring banget nih di bawah laut (naturalworldsafaris.com)

Paus biru merupakan salah satu hewan terbesar di dunia. Hewan terbesar yang hidup di lautan ini bisa mengeluarkan suara dengan frekuensi rendah secara berulang atau repetitif. Gelombang suaranya itu bisa menjelajah sangat jauh di bawah air.

Tapi, gelombang suara yang digunakan untuk menarik pasangan mereka ini bisa mencapai 188 desibel. Cukup lah untuk menarik pasangan yang jaraknya ada berkilo-kilometer dari posisinya.

2. Bom TNT

2. Bom TNT Bom TNT (commentcentral.co.uk)

1 ton bom TNT adalah senjata yang paling mengerikan sepanjang sejarah peradaban manusia. Soalnya gak cuman soal ledakannya aja yang mematikan, suaranya juga.

1 ton bom TNT itu bisa menghasilkan suara hingga 210 desibel. Makanya, orang yang berada di jarak kurang dari 100 meter dari titik ledakan tanpa perlindungan, otomatis banget tewas di tempat.

1. Gempa

1. Gempa Gempa bumi adalah peristiwa yang suaranya paling keras di dunia (pixels.com)

Nampaknya gempa gak ada suaranya ya. Soalnya gempa lebih sering terjadi di tengah laut dalam pergeseran lempeng bumi. Tapi suara gempa bisa didengar juga kok.

Gempa dengan magnitudo 5 aja punya suara yang mengerikan lho. Gelombang suara yang dihasilkan bisa mencaai 235 desibel. Dan dengan suara sebesar itu, makhluk hidup bisa meninggal saat itu juga, belum lagi getaran yang intens. Maka suara gempa adalah suara yang paling keras di muka bumi ini.

Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"