5 Fakta Unik Maneki Neko, Boneka Kucing Keberuntungan yang Dipajang di Toko

5 Fakta Unik Maneki Neko, Boneka Kucing Keberuntungan yang Dipajang di Toko

Boneka kucing atau maneki neko sering dijumpai di beberapa toko. Biasanya maneki neko berada di meja kasir atau  bagian depan toko. Konon boneka itu dipercaya untuk menarik perhatian pembeli agar datang ke toko tersebut. Berikut beberapa fakta unik maneki neko yang harus kamu tahu.

1. Arti Maneki Neko

Dilansir dari Japanese Station, maneki neko adalah bahasa Jepang yang memiliki arti kucing pengundang. Tentu boneka menggemaskan ini untuk mengundang kebaikan. Boneka ini menggerakan cakar ke atas dan bawah atau seakan mengajak orang di luar toko untuk datang. Boneka ini disebut kucing rezeki atau kucing uang.

2. Awal Mula Kemunculan

Kemunculan maneki neko muncul sejak abad ke-17 di zaman Edo di Jepang. Kabarnya ada seorang kaya berteduh di bawah pohon karena sedang terjadi hujan badai. Dia melihat ke arah kuil dekat tempatnya berteduh, ada kucing seolah menyuruhnya  masuk ke dalam kuil. Ia pun masuk ke kuil dan tak lama pohon tempatnya berteduh hancur diterjang petir. Orang kaya itu  memutuskan untuk mendanai kuil itu sampai dirinya meninggal.

Boneka Maneki Neko (Alibaba)

3. Makna Cakar Naik Turun

Boneka ini menggerekan cakar ke atas dan bawah. Saat cakar sebelah kiri diangkat memiliki arti untuk menarik pelanggan untuk datang masuk ke toko. Bila cakar kanan yang digerakan, ia mengundang rezeki dan uang. Bila kedua cakar kanan dan kiri diangkat berarti dia meminta perlindungan.

4. Arti Warna

Beberapa boneka dengan warna berbeda dipilih oleh pemilik toko. Warna-warna itu memiliki arti tersendiri misalnya warna krem dianggap membawa keberuntungan, putih menandakan kebahagiaan dan kesucian, warna emas atau gold melambangkan kekayaan dan kemakmuran dan warna hitam untuk mencegah aura negatif atau kejahatan.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"