4 Tragedi Kecelakaan Bus Pariwisata Saat Study Tour Siswa Sekolah, Telan Banyak Korban Jiwa

4 Tragedi Kecelakaan Bus Pariwisata Saat Study Tour Siswa Sekolah, Telan Banyak Korban Jiwa

Kegiatan study tour siswa sekolah seharusnya diliputi kebahagiaan. Namun suasana gembira berubah menjadi kesedihan setelah kecelakaan bus pariwisata justru terjadi di perjalanan. Berikut beberapa kecelakaan bus pariwisata yang membawa siswa sekolah saat study tour. 

1. Kecelakaan Bus Pariwisata di Subang

Kecelakaan ini terjadi pada Sabtu (11/5) lalu di kawasan Ciater, Subang Jawa Barat. Adalah bus pariwisata Trans Putera Fajar membawa puluhan siswa SMK Lingga Kencana dan guru hendak pulang ke Depok setelah mengadakan acara di Ciater.

Ketika bus melewati turunan tajam, sopir mengaku mengalami masalah pada bagian rem bus yang tak berfungsi. Rem blong diduga jadi penyebab kecelakaan itu terjadi. Sopir mengaku rem bus sudah bermasalah namun akhirnya diperbaiki oleh mekanik. Tapi kembali mengalami kerusakkan hingga akhirnya kecelakaan.

Bus pariwisata itu tak terkendali dan menabrak satu mobil dan beberapa motor hingga terbalik. Kecelakaan ini menyebabkan 11 orang meninggal dunia, 9 siswa SMK, 1 guru, dan seorang pengendara motor yang ditabrak oleh bus.

Kecelakaan Bus (Kumparan)

2. Kecelakaan Bus Pariwisata di Ciloto

Tanggal 7 Juli 2007 menjadi hari yang tak dilupakan bagi SMP Islam Ar-Ridho Depok. Bus pariwisata yang membawa siswa dan guru mengalami kecelakaan di jalan turunan Ciloto, kawasan Puncak, Jawa Barat.

Saat itu rombongan baru saja berwisata ke Cibodas. Bus mendadak oleng dan menabrak sejumlah kendaraan, hingga tembok dan akhirnya jatuh ke jurang. Kecelakaan menyebabkan 16 orang meninggal, 28 orang luka berat, dan 14 orang luka ringan

3. Kecelakaan Bus di Nganjuk

Satu lagi kecelakaan bus pariwisata di Nganjuk, Jawa Timur terjadi pada tahun 2023 lalu. Siswa SMPN 3 Mojosongo Boyolali sedang melakukan study tour  ke Bali. Namun saat akan kembali ke Boyolali kecelakaan terjadi karena bus menabrak tryuk. 6 orang siswa dan seorang guru alami luka ringan, sementara kernet bus meninggal dunai dan sopir bus luka parah.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"