4 Tradisi Unik Pulang Haji di Indonesia

4 Tradisi Unik Pulang Haji di Indonesia

Musim ibadah haji tahun 2023 sudah berakhir. Para jamaah haji asal Indonesia kembali ke tanah air. Sepulang dari tanah suci, para haji langsung melakukan sejumlah tradisi pulang haji di Indonesia yang sudah dilakukan secara turun-temurun di beberapa daerah. Berikut tradisi unik pulang haji di Indonesia.

Tidak Keluar Rumah 

Tradisi yang pertama adalah para haji yang baru pulang dari tanah suci diharapkan untuk tidak keluar rumah atau berpergian selama 40 hari setelah sampai di Indonesia. Ulama Buya Yahya pernah mengatakan bahwa larangan keluar rumah setelah sampai di tanah air adalah tradisi yang harus dilakukan.

Memang tidak semua haji melakukan tradisi itu namun banyak juga para haji yang melakukan hal tersebut. Tentu larangan tersebut bukan tanpa alasan. Konon haji yang keluar rumah setelah sampai, maka malaikat yang berada di sampingnya akan menyingkir. Meskipun tradisi ini tidak tertulis dalam syariat Islam.

Tradisi Pulang Haji di Indonesia (Tribun Jabar)

Pakai Perhiasan Emas

Banyak haji khususnya ibu-ibu yang memamerkan perhiasan emas sepulang dari ibadah haji. Misalnya yang dialami oleh ibu haji asal Makassar, Suarnati Daeng Kanang yang memakai emas 180 gram setelah pulang naik haji.

Pengusaha makanan itu viral karena penampilannya yang mencolok. Ternyata banyak wanita Makassar yang sepulang dari naik haji melakukan hal serupa. Bukan mau menyombongkan diri melainkan ini tradisi atau sompa yang harus dijaga. Selain perhiasan, ada juga haji yang pakai baju mewah sepulang dari naik haji.

Didatangi Tamu

Di Indonesia ada kebiasaan orang-orang akan datang ke kerabat atau keluarga yang baru pulang haji untuk bersilaturahmi. Kedatangan tamu yang banyak pasti terjadi di rumah-rumah para haji yang baru pulang. Tamu-tamu yang datang untuk mengambil keberkahan kepada haji yang baru tiba.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"