4 Tips Membangun Kemandirian Finansial, Yuk Mulai dari Sekarang!

4 Tips Membangun Kemandirian Finansial, Yuk Mulai dari Sekarang!

Setiap orang pasti ingin mandiri secara finansial. Kalau kamu salah satunya, kamu wajib tahu bagaimana tips membangun kemandirian finansial agar kamu bebas menggunakan uang yang kamu punya tanpa perlu terbebani dengan kewajiban.

Setiap orang mungkin memiliki pengertian yang berbeda soal kemandirian financial. Namun, meski tidak dimaknai sama oleh semua orang, namun inti dari kemandirian finansial  adalah dapat mengelola keuangan, memiliki tabungan, sekaligus mengejar mimpi dan keinginan. Lantas, bagaimana seseorang dapat membangun kemandirian finansial dalam hidupnya?

1. Buat Tabungan Terpisah

Tips Membangun Kemandirian Finansial (via BPR WM)

Menabung merupakan aktivitas penting yang wajib dilakukan semua orang. Karena itu, untuk mencapai kemandirian finansial, kamu wajib memiliki tabungan terpisah dengan mutasi pengeluaran kamu. Cara ini dinilai cukup efektif dalam menyisihkan uang tabungan.

Caranya, saat gajian sisihkan beberapa rupiah dalam tabungan terpisah. Cara ini tidak akan terasa dalam waktu panjang. Namun hasilnya tidak akan mengecewakan saat tabungan tersebut akan kamu gunakan.

2. Catat Pengeluaran



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"