4 Pilihan Buat Gantiin Sedotan Plastik, Kamu Suka yang Mana?

4 Pilihan Buat Gantiin Sedotan Plastik, Kamu Suka yang Mana?

Salah satu cara yang sedang marak dilakukan untuk mengurangi sampah plastik demi kelestarian lingkungan hidup adalah mengganti sedotan plastik. Beberapa restoran dan kafe saat ini sudah banyak yang nggak lagi memberikan sedotan plastik. Maka dari itu, pengunjung harus punya alternatif sedotan lain, tentunya selain langsung diminum dari gelasnya. 

Sudah ada sih beberapa bahan sedotan yang bisa kamu pilih sesuai kenyamanan masing-masing, mau yang berbahan stainless steel, kaca, silikon, atau bambu?

Sedotan stainless steel

Sedotan stainless steel (dhgate.com)

Bisa jadi, ini pilihan yang paling populer dan mudah ditemukan. Di beberapa kedai kopi pun biasanya menjual sedotan besi ini. Sedotan jenis ini cocok buat minuman dingin, misalnya kayak es kopi, es teh, atau jus. Tapi kurang cocok buat minuman panas karena stainless steel bisa memberikan panas tambahan. 

Kalau penciuman kamu lumayan sensitif, mesti hati-hati pakai sedotan ini soalnya akan tercium bau logam. Sebenarnya, bahannya yang keras pun agak nggak nyaman di bibir atau waktu nggak sengaja kena gigi.

Membersihkannya pun lumayan tricky ya, soalnya kan bagian dalamnya nggak kelihatan jadi kurang bisa tahu secara pasti apakah sudah benar-benar bersih. Cuma, keuntungannya bahan ini cenderung lebih awet karena nggak mudah pecah atau rusak karena jatuh.

Sedotan silikon

Sedotan silikon (lelong.com.my)

Pilihan lainnya adalah sedotan berbahan silikon yang cocok buat minuman panas atau dingin karena nggak akan mengubah suhu dan rasa. Tapi karena ukurannya lumayan gemuk, sedotan ini bisa jadi pilihan buat minum bubble tea atau smoothie yang lebih kental. Nah enaknya pakai sedotan ini, bahannya lentur jadi bisa dilipat dan gampang dibawa ke mana-mana.

Sedotan bambu

Sedotan bambu (dhgate.com)

Kalau kamu cari bahan sedotan yang ramah lingkungan, kamu bisa pakai sedotan bambu nih, gengs. Kelebihannya, bahan ini terbuat dari bahan alami dan bebas bahan kimia.

Kalau dari bahannya sih cukup kokoh dan nggak mudah patah kalau jatuh, tapi kalau sudah kelamaan dipakai, ada risiko jadi lembap lalu rusak. Buat kamu yang penciumannya sensitif, mungkin akan merasa ada bau kayu waktu minum.

Sedotan kaca

Sedotan kaca (shop.outletz.id)

Kalau butuh yang nggak mengubah suhu dan rasa, cobain deh sedotan kaca. Bahan kaca pun lebih nyaman waktu nempel di bibir, ya kayak menyentuh gelas kaca aja sih. Karena warnanya bening, sedotan kaca pun jadi gampang dibersihkan. Sayangnya, sedotan kaca cenderung mahal dibandingkan yang lain, pun akan gampang pecah kalau jatuh.

Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"