4 Penyebab Anak Sekolah Bisa Jadi Pelaku Bullying

4 Penyebab Anak Sekolah Bisa Jadi Pelaku Bullying

Viral kasus dugaan bullying  yang dilakukan oleh LR anak Vincent Rompies mengejutkan. Bayangkan saja seorang anak sekolah diduga menjadi pelaku bullying saat usianya masih sangat muda. Lalu apa saja penyebab anak sekolah bisa melakukan bullying kepada siswa lain? Benarkah ada trauma dalam keluarga?

Kurang Perhatian Orangtua

Salah satu penyebab anak sekolah melakukan kejahatan bullying di sekolah karena kurangnya perhatian di rumah, khususnya dari orangtua. Orangtua yang sibuk bekerja dan jarang berinteraksi dengan anaknya, bisa memicu kondisi anaknya menjadi beringas di luar rumah hingga menjadi pelaku bullying.

Masalah di rumah yang cukup banyak juga ada hubungannya dengan hal tersebut. Ketika melihat orangtua di rumah suka bertengkar membuat anak merasa kurang perhatian. Apalagi jika orangtua di rumah saling bertengkar dan menggunakan kekerasan dalam rumah tangga. Si anak bisa terpengaruh untuk melakukan bullying di sekolah.

Anak Sekolah Jadi Pelaku Bullying (Lifestyle Kompas)

Ingin Meraih Popularitas

Anak sekolah yang melakukan bullying di sekolah berarti akan dikenal sebagai sosok yang ditakuti, superior, dan punya kekuatan. Makanya anak-anak pelaku bullying ingin mendapatkan popularitas di sekolah namun dalam hal negatif. Status sosial di sekolah akan terpengaruh karena mendapat perhatian.

Balas Dendam

Dendam memang jadi pemicu sesuatu hal yang buruk. Pelaku bullying ketika menjadi senior akan melakukan balasan kepada juniornya karena ketika pelaku menjadi junior, dia mendapatkan kekerasan atau bullying seniornya terdahulu. Ajang balas dendam seperti ini paling banyak dialami anak-anak pelaku bullying di sekolah.

Mencari Kekuasaan



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"