4 Cara Mengelola Gaji Pertama, Yuk Bijak Pakai Uang

4 Cara Mengelola Gaji Pertama, Yuk Bijak Pakai Uang

Siapa sih yang tidak suka kalau dapat transferan uang berupa gaji? Apalagi uang tersebut adalah gaji pertama kita bekerja. Tentu uang tersebut bisa dipakai untuk membeli barang yang sudah lama diinginkan. Tapi jangan boros ya agar uang gak cepat habis dan mengetahui cara mengelola gaji pertama.

Selain membeli barang yang sudah lama ingin dibeli sebelum bekerja, biasanya seseorang yang dapat gaji pertama langsung kalap berbelanja. Padahal sesuatu yang dibeli itu mungkin tidak terlalu penting karena bukan menjadi kebutuhannya. Ada lagi orang yang dapat gaji pertama langsung mentraktir orang terdekat seperti keluarga, sahabat, dan pacar.

Lalu bagaimana cara mengelola gaji pertama kita supaya bisa menyenangkan diri sendiri, orang lain, tapi masih ada sisa uang yang bisa ditabung. Berikut beberapa cara mengelola gaji pertama yang bisa kamu ikuti nih.

Cara Mengelola Gaji Pertama (KitaLulus)

Membuat Perencanaan Keuangan

Cara mengelola gaji pertama  yang paling tepat adalah melakukan perencanaan keuangan. Buatlah rincian pengeluaran yang akan dikeluarkan selama sebulan ke depan sampai dapat gaji kedua lagi. Misalnya dengan membagi dalam bentuk presentase, misalnya 50 % untuk kebutuhan sehari-hari seperti makan, transportasi, dan sebagainya. 30 % untuk menabung dan 20 % bisa dipakai untuk dana darurat atau ingin memberikan kepada orang tua.

Jangan Lupa Dana Darurat

Seperti yang sudah disebutkan tadi jika menyiapkan dana darurat sangat penting. Dana darurat tentu berbeda dengan tabungan lho. Dana darurat biasanya digunakan apabila kita mengalami sesuatu yang hal darurat seperti urusan kesehatan atau masuk rumah sakit. Dengan mulai menyisihkan untuk dana darurat ke depannya hidup akan lebih nyaman.

Membedakan Kebutuhan dan Keinginan



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"