4 Alasan Kenapa Rekening Tabungan Sebaiknya Dibuat Terpisah, Biar Bisa Workhard Playhard Lah!

4 Alasan Kenapa Rekening Tabungan Sebaiknya Dibuat Terpisah, Biar Bisa Workhard Playhard Lah!

Living, playing, saving, and investing, adalah empat kebutuhan utama yang penting untuk dipenuhi. Kebanyakan dari kita, baik yang baru mulai kerja atau memulai bisnis baru, sering mencampur aduk pengelolaan keuangan keempat kebutuhan tersebut. Hasilnya, kita jadi kewalahan sendiri. 

Target untuk mengumpulkan uang dalam jumlah tertentu menjadi tidak tercapai karena uang tabungan habis untuk jajan atau keperluan sehari-hari. Itulah sebabnya, perlu untuk memisahkan antara rekening tabungan dengan rekening untuk transaksi lainnya termasuk kebutuhan harian.

Ilustrasi Memisahkan Rekening Tabungan (Cermati.com)

Kenapa harus menggunakan lebih dari satu rekening tabungan?

1. Pengeluaran lebih mudah di kendalikan

Alasan utamanya tentu saja, dengan memiliki lebih dari satu rekening tabungan membuat kamu jadi lebih mudah dalam mengendalikan pengeluaran. Fix, no debat!

2. Memisahkan fungsi uang dengan jelas

Setelah gajian, uang perlu dibagi untuk pos-pos pengeluaran berbeda tiap bulannya. Dengan memisahkan rekening, kamu akan bisa memisahkan fungsi setiap uang. Penggunaannya pun menjadi lebih jelas dan teratur.

3. Menuju tujuan penghematan

Kamu harus tahu untuk apa kamu menabung dan berapa banyak yang perlu kamu kumpulkan. Tujuan tabungan pertama kamu adalah menyisihkan penghasilan selama 90 hari untuk dana darurat. 

Setelah tujuan itu tercapai, maka kamu dapat mulai menabung untuk tujuan lain, seperti liburan, gadget baru, dll. Simpan dana ini secara terpisah dengan membuka rekening baru untuk tujuan finansial kamu yang lain.

4. Menciptakan kondisi keuangan yang lebih sehat

Kamu akan lebih memikirkan kebutuhan prioritas dan mengurangi kebutuhan yang tidak terlalu penting. Ketika kamu sudah mempunyai pos-pos tabungan yang ditujukan untuk keperluan yang berbeda-beda, maka secara otomatis kamu telah menerapkan manajemen keuangan.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"