30 Januari 1820: Edward Bransfield Menemukan Benua Antarktika

30 Januari 1820: Edward Bransfield Menemukan Benua Antarktika

Edward Bransfield menemukan benua Antarktika

Taukah kalian kalo benua Antartika baru ditemukan pada Januari 1820? Sosok Edward Bransfield ada di baliknya.

Edward adalah pelaut dan navigator di Angkatan Laut Kerajaan Britania Raya. Dia masuk angkatan laut saat masih berusia 18 tahun. Setelah itu, Edward lalu turut serta dalam Pengeboman Aljir tahun 1817.

antartika (idntimes.com)

Selanjutnya, pada 1819, William Smith menemukan kepulauan South Shetland pada 1819. Saat itu, atasan dari Edward lalu mengutusnya dengan Smith untuk menyelidiki kepulauan itu.

Mereka akhirnya menemukan Pulau King George dan Semenanjung Trinity, titik daratan Antarktika yang paling utara. 

Sebenernya, 2 hari sebelumnya penjelajah asal Rusia mencatat soal penemuan garis pantai dengan es. Tempat itu kini dikenal sebagai Antartika Timur.

penemu benua antartika (tokohpenemu.blogspot.com)

Setelah itu, Edward juga nemu Pulau Elephant dan Pulau Clarence. 

Sepulangnya dari penjelajahan, Edward Bransfield mengungkapkan hasil perjalanannya pada atasan. Sayangnya, kerajaan Britania Raya nggak tertarik dengan penemuannya. Bahkan, catatan Bransfield sekarang udah hilang.

Cuma ada peta lautnya aja yang tersisa sekarang. Edward Bransfield sendiri menghabiskan sisa hidup tanpa dikenal sebagai penemu Antartika. Dia kemudian meninggal pada 1852 dan dimakamkan di Brighton, Inggris.

Meskipun baru ditemukan pada 1820, tapi benua Antartika udah diduga keberadaannya. Selain itu, sebenernya nggak cuma Edwars Bransfield aja yang dianggap penemu benua ini.

Ada dua orang lainnya yakni Nathaniel Palmer dari Amerika Serikat dan Fabian von Bellingshausen yang mengklaim menemukan Antartika.

Sementara itu, pada 1911, Ronald Amundsen dari Norwegia merupakan orang pertama yang sampai ek kutub selatan. 



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"