3 Cara Mudah Menghentikan Kebiasaan Overthinking Yang Bikin Stres

3 Cara Mudah Menghentikan Kebiasaan Overthinking Yang Bikin Stres

Namanya manusia pasti banyak yang dipikirin. Tapi kadang orang tuh suka berlebihan dan jadinya overthinking. Ingat ya, kaum pemikir dan overthinking itu beda lho. Lho, apa bedanya? 

Soalnya, para pemikir bakalan berpikir keras buat sesuatu yang penting dan harus dilakukan. Sedangkan si overthinking malah ngabisin waktu mikirin yang nggak perlu dan belom tentu terjadi. Jadinya malah pusing sendiri dan bisa bikin stres lho~ 

Overthinking tuh contohnya gini, hari ini kamu mau berangkat kerja. Normalnya sih ya udah siap-siap, pakai baju rapi, jalan ke kantor, kerja kayak biasanya. 

Tapi gara-gara overthinking, kamu kelamaan mikirin apa nanti di jalan bakalan macet, takut hujan besar sampai banjir, apa kata bos kamu tentang kerjaan yang kemarin, apakah dia bakalan suka atau malah marah, dan bla bla bla. 

Ujung-ujung apa? Kamu malah telat ke kantor gara-gara kelamaan mikirin yang nggak perlu. 

Padahal nih, kalo di jalan tiba-tiba hujan, kamu toh bisa neduh. Bahkan, kalau bos nggak suka kerjaan kamu pun, masih ada kesempatan buat minta revisi dan nggak mungkin kan kamu langsung dipecat gitu aja? 

Lama-lama, lelah sendiri lho kalau keseringan overthinking. Nah, biar nggak sampai stres gara-gara kebanyakan mikirin yang nggak perlu, kamu bisa coba cara-cara berikut ini ya~ 

Catat apa yang kamu pikirkan

Catat apa yang kamu pikirkan Overthinking (ttgmedia.com)

Pertama-tama, coba deh biasain mencatat semua yang kamu pikirin. Misalnya, kamu dan pacar udah mulai ngobrolin pernikahan padahal kalian juga baru jadian. Dari sini, pasti muncul banyak pikiran, kayak emang iya kalian bakalan bisa nikah, terus orang tua gimana, nanti tinggal di mana, mau undang berapa orang, berapa budget nikahan, dan bla bla bla. 

Kalo didiemin doang, pikiran-pikiran soal ini aja bisa terus-terusan nempel di kepala kamu. Dampaknya malah ganggu hal-hal lain yang juga harus dipikirin lho. Jadi, biar nggak kelamaan, langsung aja catat apa aja yang ganggu pikiran kamu. Nanti kalau emang udah waktunya mikirin, baru deh buka lagi catatan ini~ 

Curhat

Curhat Overthinking (medium.com)

Paling enak tuh emang ngeluarin unek-unek dengan curhat. Coba deh tiap lagi mikirin sesuatu, langsung aja hubungin teman, pasangan, orang tua, atau siapapun deh buat curhat. 

Seenggaknya kamu langsung ngerasa lebih lega karena udah ngeluarin semua yang ada di pikiran. Setelah curhat, kamu bisa beraktivitas lagi dengan normal dan mikirin hal-hal yang emang perlu.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"