3 Cara Ampuh Menghadapi Teman yang Suka Julid, Bye Komentar Jahat!

3 Cara Ampuh Menghadapi Teman yang Suka Julid, Bye Komentar Jahat!

Lelah banget nggak sih ada di dekat orang julid? Apa-apa dikomentarin! Gini nih cara mengatasi mulut jahatnya.

Memang ya yang namanya orang julid tuh bisa ada di mana-mana. Mereka bisanya cuma ngomongin orang, nggak senang kalau orang senang, tapi juga nggak empati kalau orang lagi sedih. Kalau kamu bikin kesalahan, wah bisa bikin mereka kegirangan tuh. Ya, jangankan kamu bikin salah sih, hidupmu lagi adem ayem bahagia aja, orang julid pasti selalu dapat cela untuk mengomentari kehidupanmu. 

Nggak usah pusing-pusing deh menghadapi orang seperti itu, lakukan aja tiga cara berikut iniā€¦

Cuekin

Cuekin Teman julid bikin pusing (latinx.com)

Hal paling sederhana yang bisa kamu lakukan kalau ternyata punya teman julid adalah cuekin aja, gengs. Kalau dia bukan temanmu, malah lebih baik nggak usah ditanggapi, gengs. 

Misalnya, mendadak banyak orang yang berkomentar negatif di media sosial kamu, anggap aja masa lalu deh, hempaskan. Soalnya nih, orang kayak gitu kalau kamu tanggapin malah kesenengan dan ujung-ujungnya mereka selalu berhasil bikin kamu jadi ngerasa drop. Cuekin aja, anggap mereka orang-orang kurang kerjaan yang hidupnya nggak bahagia. Sedaap!

Ngomong langsung

Ngomong langsung Mending bicarakan deh sama orangnya (businessinsider.sg)

Selama ini kamu udah terbiasa cuek sama kejulidan orang-orang, tapi lama-lama kamu juga jadi risih karena ada satu temanmu yang suka komentar jahat. Temanmu juga harus tahu lho kalau dikomentarin seperti itu bikin kamu nggak nyaman, bahkan mungkin pernah bikin kamu jadi sedih dan berpengaruh sama berkurangnya kepercayaan diri. 

Barangkali bisa bikin dia sadar kalau selama ini kelakukannya kurang mengenakan, kamu bisa ngomong baik-baik kalau komentarnya selama ini adalah jahat. Bilang aja kalau kamu nggak suka dikomentarin seperti itu. 

Lihat juga reaksinya waktu kamu omongin, soalnya akan ada dua kemungkinan. Bisa aja dia memang sepolos itu sampai ga paham kata-katanya selama ini ternyata menyakiti kamu lalu dia berubah jadi baik atau dia akan pura-pura menyesal tapi setelahnya dia bikin gosip kalau abis kamu labrak dan drama lain yang bisa dia karang.

Jauhin

Jauhin Bye teman julidku (verywellfamily.com)

Kalau orang yang julid itu adalah teman dekatmu dan dia pun kelakuannya terus menerus begitu, langkah terakhir yang bisa kamu lakukan adalah pergi menjauh. Teman toxic kayak gitu nggak layak dipertahankan, gengs, nggak peduli udah berapa lama kalian dekat. Teman yang baik itu harusnya mendukung, peduli, dan menyayangi,  bukan menjatuhkan. Lalu percayalah kalau kamu baik, maka akan punya banyak teman yang baik dan nggak fake.

Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"