26 Februari: Robert Watson-Watt Mendemonstrasikan RADAR untuk Pertama Kalinya

26 Februari: Robert Watson-Watt Mendemonstrasikan RADAR untuk Pertama Kalinya

Robert Watson-Watt mendemonstrasikan RADAR untuk pertama kalinya

Taukah kalian siapa penemu RADAR? Penemunya dianggap sebagai Robert Watson-Watt. Tapi, sebenarnya, ilmuwan lain James Mazwell telah menemukan prinsip gelombang radio dan elektromagnetik sebelumnya. Nah, Watson-Watt sukses membuat sistem radar yang bisa bekerja dan mempraktekannya pertam akali. 

Keberhasilan sistemnya dirasakan Inggris saat melawan Jerman di perang Inggris antara Agustus-Oktober 1940. Pada 26 februari 1935, Watson-Watt dan asistennya mendemonstrasikan sistem RADAR basic untuk pertama kalinya. Ia mendemonstrasikannya pada pengamat dari Air Ministry Commitee the Detection od Aircraft. 

Laporannya yang berjudul "The Detection of Aircraft by Radio Methods" adalah sebuah kesuksean. Pekerjaan yang dilakukan Robert Watson-Watt dan timnya di Bawdsey membuat penciptaan rantai stasiun radar di seluruh pantai timur dan selatan Inggris. Sistem ini, dikenal dengan Chain Home dan Chain Home Low, dan jadi bagian penting dalam pertahanan Inggris Raya selama Pertempuran Inggris.

Robert Watson-Watt (messagetoeagle.com)

Fighter Command diberi peringatan dini tentang serangan yang datang oleh Luftwaffe dan dapat bereaksi dengan tepat. Akhirnya, penelitian dari Watson-Watts bantu mengembangkan radar di Inggris. Pengembangan radar sendiri membutuhkan usaha besar dari Watson-Watt sebagai kaptennya.

Buat kalian yang nggak tau, Robert Watson-Watt lahir di Brechin Scotland pada April 1892. Dia lulus dari University College, Dundee dengan gelar Bachelor of Science. Setelah itu dia kerja dengan Profesor William Peddie. Hasill dari kerjaannya, dia berhasil mengembangkan gelombang radio yang keren.

Robert Watson-Watt (wikipedia.org)

Kemudian selama perang dunia I, dia kerja jadi meteorologist di Royal Aircraft Factory. 

Di sekitar tahun 1924, dia pindah ke Farnborough untuk kerja dengan pusat riset di DItton Park dekat Clough.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"