25 Februari 1950: Negara Jawa Timur dari Republik Indonesia Serikat Dibubarkan

25 Februari 1950: Negara Jawa Timur dari Republik Indonesia Serikat Dibubarkan

Negara Jawa Timur dari Republik Indonesia Serikat Dibubarkan

Taukah kalian kalo di Jawa Timur pernah jadi negara sendiri? Wilayah ini dibentuk Belanda pada 26 November 1948. Dulu ini adalah negara bagian saat bentuk negara kita masih jadi Negara RIS atau Republik Indonesia Serikat.

Nah, Negara Jawa Timur menjadi negara bagian RIS. Negara tersebut bertahan dari 1948 sampai 1950. Bentuk serikat mirip dengan gaya pemerintahan Amerika Serikat. Kira-kira wilayah provinsi saat ini sebenarnya waktu itu adalah negara bagian.

Negara Jawa Timur sendiri didirikan atas dasar resolusi Konferensi Djawa Timoer di Bondowoso, 23 November 1948. Konferensi dihadiri 75 orang dari dewan-dewan Kabupaten. Ketuanya ialah R.T.P. Achmad Kusumonegoro, Bupati Banyuwangi. 

Negara Jawa Timur (sindonews.com)

Dari hasil konferensi, diputuskan R.T. Achmad Kusumonegoro jadi wali negara Djawa Timoer. Pelantikan kemudian diresmikan oleh Dr. Beel. Dia ialah wakil Tinggi Mahkota Negeri Belanda.

Sementara waktu, dana penyelenggaraan pemerintahan ditangguh sama pemerintah Belanda. Wilayahnya sendiri meliputi 12 kabupaten ditambah 2 kota praja yakni Malang serta Surabaya.

Di surat kabar Pelita Rakjat 2 Desember 1948, dijelaskan kalo konferensi Bondowoso ngasih tugas ke pengurus dan wali negara Djawa Timoer buat berkontribusi pada RIS sebagai negara yang punya hak bersuara dan jadi negara yang sejajar dengan nagara lain di RIS.

Wilayah Jawa Timur (tirto.id)

Dalam pidato wali negara, beliau sempat mengatakan kalo rakyat Jawa Timur berkeinginan mengatur negara sendiri dengan jalan sah, bebas dari semua bentuk kekuatan dan ketakutan. Negara Jawa Timur dibentuk bukan buat ngurangin otoritas bangsa. Namun, merupakan bentuk dukungan pada Negara Indonesia Serikat.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"