21 Februari Nih ... Selamat Hari Bahasa Ibu Internasional

21 Februari Nih ... Selamat Hari Bahasa Ibu Internasional

Hari ini, dunia memperingati International Mother Language Day (IMLD atau Hari Bahasa Ibu Internasional gengs. Hari bahasa ibu diperingati setiap tanggal 21 Februari setiap tahunnya.

Kabarnya, peringatan ini bermula dari pengakuan dunia internasional terhadap Hari Gerakan Bahasa yang dirayakan di Bangladesh. Dan kabarnya pula, menurut UN.org, gagasan untuk merayakan Hari Bahasa Ibu Internasional merupakan inisiatif Bangladesh.

"Terima kasih" dalam berbagai bahasa ibu (cafeycafe.com)

Di Bangladesh, 21 Februari diperingati sebagai momen ketika seluruh warga Bangladesh berjuang demi pengakuan atas bahasa Bangla. Di hari ini pula, masyarakat Bangladesh memperingati Gerakan Bahasa Bengali sejak tahun 1952. 

Sementara IMLD ini bertujuan untuk mempromosikan keanekaragaman bahasa dan budaya serta mempromosikan multibahasa.

IMLD atau Hari Bahasa Ibu Internasional diumumkan oleh UNESCO pada 17 November 1999. Tapi, Majelis Umum PBB baru resmi mengakuinya dalam resolusi yang menetapkan pada 2008 sebagai International Year of Languages (Tahun Internasional Bahasa).

Dari kecil, ibu kita ngajarin kita bicara pake bahasanya (workingmother.com)

"Bahasa lebih dari sekadar alat komunikasi. Tapi ini adalah kondisi kemanusiaan kita. Nilai-nilai kita, keyakinan, dan identitas kita tertanam di dalamnya," jelas Audrey Azoulay, Direktur Jendral UNESCO, seperti dikutip dari UN.org.

Menurut Audrey, bahasa manusialah yang mentransmisikan pengalaman, tradisi, dan pengetahuan. "Keragaman bahasa mencerminkan kekayaan imajinasi dan cara hidup kita yang mungkin tak pernah terbayangkan," katanya.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"